Inilah Berbagai Syarat Tumbuh Tanaman Anggur Yang Wajib Anda Ketahui!

Joko Warino S.P M.Si

Inilah Berbagai Syarat Tumbuh Tanaman Anggur Yang Wajib Anda Ketahui!

Perlu Anda ketahui, terdapat beberapa syarat tumbuh tanaman anggur yang harus dipersiapkan sebelum memulai budidaya anggur.

Nah, penasaran dengan syaratnya? Mari ikuti ulasan lengkap artikel berikut ini.

Apa Saja Syarat Tumbuh Tanaman Anggur?

Apa Saja Syarat Tumbuh Tanaman Anggur

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman buah yang satu ini bukan?

Biasanya anggur menjadi buah yang digemari setiap orang dan selalu ada dalam hidangan pada acara keluarga.

Oleh sebab itu, tidak jarang banyak pula orang yang berkeinginan untuk menanam dan melakukan budidaya anggur untuk mendapatkan buah yang segar dan kaya akan manfaat.

Ketika hendak menanam tanaman anggur ini tentu terdapat berbagai hal yang harus di siapkan dengan baik dan juga tepat.

Umumnya hal tersebut meliputi media tanam hingga pada perawatan tanaman anggur.

Nah, di bawah ini adalah 8 syarat tumbuh tanaman anggur yang tentunya perlu untuk Anda ketahui secara detail.

1. Iklim

Syarat tumbuh tanaman anggur yang pertama adalah iklim. Adanya iklim cukup memiliki peranan yang penting untuk pertumbuhan tanaman sama hal dengan pertumbuhan tanaman anggur.

Pada umumnya kondisi iklim yang tepat dan juga baik untuk tanaman anggur yakni pada iklim tropis maupun iklim subtropis.

Tetapi tanaman anggur akan lebih baik dan subur jika di tanam pada daerah iklim tropis.

Perlu Anda ketahui, tanaman anggur dapat tumbuh dengan baik pada kondisi curah hujan yang sesuai. Biasanya curah hujan yang tepat sekitar 800 mm untuk setiap tahunnya.

Selain itu, dengan kondisi lingkungan yang ideal pastinya juga sangat efektif untuk mempercepat proses pertumbuhannya.

Anda juga dapat menanam tanaman anggur ini pada musim kemarau. Pasalnya saat musim kemarau penyinaran matahari akan bertambah dan tentunya hal tersebut sangat tepat untuk proses pertumbuhan tanaman anggur.

2. Keadaan Tanah

Syarat tumbuh tanaman anggur yang selanjutnya adalah tanah. Adanya tanah ini cukup bersifat krusial untuk menunjang pertumbuhan semua jenis tanaman termasuk anggur.

Oleh sebab itu, tentunya sebelum memulai untuk menanam dan budidaya tanaman anggur hendaknya Anda harus mempersiapkan tanah yang tepat untuk media tanam anggur.

Untuk tanah yang biasa digunakan untuk menanam anggur yaitu tanah gembur, tanah lempung berpasir, dan juga pastinya tanah yang memiliki kandungan humus yang melimpah.

Adanya kandungan humus dan juga unsur hara tersebut dinilai sangat penting untuk proses pertumbuhan tanaman anggur.

Perlu Anda perhatikan juga, bahwa tanah yang digunakan untuk menanam tanaman anggur hendaknya yang memilki permukaan rata atau tidak melengkung.

Selain dari kondisi tanah, tentu adanya derajat keasaman atau pH perlu sekali untuk di sesuaikan.

Hal tersebut tentu di lakukan dengan tujuan agar tanaman anggur lebih dapat bertahan hidup. Biasanya derajat keasaman yang tepat berkisar 6-7.

3. Suhu

Tahukah Anda, tanaman akan berdiri dengan tegak dan tidak layu dengan suhu yang tepat.

Dalam arti suhu pada tanaman anggur tidak terlau panas dan juga tidak terlalu dingin.

Nah, untuk memulai budidaya tanaman anggur ini sebaiknya Anda memilih suatu tempat yang memiliki tingkat suhu antara 30-32.

Yang mana dengan adanya suhu tersebut tentu akan membuat tanaman anggur tumbuh dengan baik dan sesuai dengan yang di harapkan.

4. Kelembapan

Selain adanya faktor suhu tentu kelembapan juga menjadi salah satu syarat tumbuh tanaman anggur yang juga haru Anda ketahui.

Pasalnya dengan keadaan udara yang memiliki kelembapan yang sesuai hal tersebut dapat membuat tanaman tumbuh segar dan tidak layu.

Untuk kelembapan yang harus dipenuhi dalam menanam tanaman anggur adalah sekitar 80 persen.

5. Ketinggian Tempat

Adanya ketinggian tempat tentu juga cukup penting diperhatikan sebagai syarat tumbuh tanaman anggur agar lebih subur.

Pasalnya adanya ketinggian tempat ini erat sekali kaitannya dengan penyinaran matahari secara langsung.

Pada umumnya tanaman anggur ini dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah dan juga pesisir pantai.

Untuk daerah dataran rendah tanaman anggur dapat tumbuh dengan ketinggian 0-650 mdpl.

Sementara untuk daerah pesisir pantai tanaman anggur akan tumbuh dengan daerah dengan ketinggian 300-800 mdpl.

6. Bibit Yang Berkualitas

Mengenai bibit yang berkualitas tentunya memang sangat penting sekali sebagai syarat tumbuh tanaman anggur.

Seperti yang kita ketahui untuk budidaya tanaman yang satu ini dapat dilakukan dengan menggunakan biji dan juga melalui cara stek.

Untuk bibit tanaman anggur sendiri tentunya Anda juga harus menentukan bibit anggur yang berkualitas pastikan berasal dari tanaman anggur yang baik dan juga sehat.

Nah, dengan begitu tentu akan berdampak pula terhadap buah yang di hasilkan.

Apabila menggunakan bibit yang baik dan berkualitas tentu buah yang dihasilkan juga akan memiliki kualitas yang tinggi dan pastinya sangat segar.

Oleh sebab itu, terkait dengan pemilihan bibit yang berkualitas ini penting sekali untuk Anda pahami.

7. Pemberian Pupuk

Perlu Anda ketahui, adanya pemberian pupuk cukup penting sekali dalam menunjang kesuburan tanaman, utamanya pada tanaman anggur ini. A

nda dapat menggunakan pupuk yang mengandung banyak unsur hara untuk membantu meningkatkan kesuburan tanah pada tanaman anggur.

Pemberian pupuk dapat Anda lakukan dengan memberikan pupuk kandang atau pupuk kompos agar tanaman anggur lebih cepat berbuah.

Selain itu, untuk menunjang pertumbuhannya agar lebih subur lagi Anda juga dapat memberikan kombinasi pupuk yang sesuai.

Yang mana saat masa pemangkasan pembuahan Anda juga dapat memberikan pupuk cair agar pertumbuhannya lebih optimal.

Nah, untuk dosis dari pupuk tentu juga perlu Anda perhatikan dengan baik. pastikan anda memberikan dosis yang tepat pada tanaman anggur.

Seperti halnya Anda dapat memberikan pupuk kandang pada tanaman anggur yang berumur 10 tahun dengan kisaran kurang lebih sebanyak 10 kaleng pupuk untuk setiap pohonnya.

8. Perawatan

Salah satu hal yang tentu tidak boleh di lupakan dalam budidaya tanaman anggur yaitu perawatan.

Adanya perawatan ini tentu dilakukan dengan tujuan agar tanaman anggur dapat tumbuh dengan subur dan berbuah banyak. Perawatan tersebut sangat bermacam-macam, seperti halnya pada penyiraman.

Untuk penyiraman pada tanaman anggur dapat Anda lakukan dengan secukupnya atau sesuai dengan kebutuhan.

Anda dapat melakukan penyiraman sebanyak tiga kali dalam setiap minggu. Perlu Anda perhatikan juga, hendaknya saat penyiraman dilakukan ketika musim kemarau saja dan dilakukan pada pagi atau sore hari.

Sebaiknya Anda jangan sampai melakukan penyiraman saat musim hujan. Pasalnya apabila saat musim hujan juga di lakukan penyiraman di khawatirkan justru dapat merusak pertumbuhan tanaman anggur.

Oleh karena itu, terkait penyiraman juga perlu Anda pahami untuk mendapat kualitas anggur yang baik dan sesuai tujuan budidaya.

Melalui adanya syarat tumbuh tanaman anggur tersebut tentu menjadikan Anda lebih tahu akan apa saja yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman anggur.

Selain itu, dengan menerapkan berbagai syarat tumbuh tersebut, pastinya akan lebih membantu Anda untuk mengontrol pertumbuhan tanaman anggur agar lebih baik dan berkualitas.

Also Read

Bagikan:

Joko Warino S.P M.Si

Seorang tenaga pengajar di Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau dengan bidang keahlian Ilmu Tanah dan Kesuburan Tanah. Semoga artikel yang dibuat bermanfaat.

Tags

Tinggalkan komentar