Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gerbera Potong (Gerbera Jamesonii)

Joko Warino S.P M.Si

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gerbera Potong (Gerbera Jamesonii)

Tanaman Gerbera Potong, yang dikenal juga sebagai Hebras atau Gebras, adalah salah satu tanaman bunga potong yang memiliki klasifikasi dan morfologi yang menarik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman Gerbera Potong.

Habitat Tanaman Gerbera Potong

Tanaman Gerbera Potong, juga dikenal sebagai Hebras atau Gebras, adalah tanaman yang memiliki keindahan yang menarik dan sering digunakan sebagai bunga potong dalam berbagai acara.

Untuk memahami lebih lanjut tentang habitat dari Tanaman Gerbera Potong, berikut adalah penjelasan yang mencakup beberapa aspek penting.

1. Penyebaran Geografis (Distribusi)

Tanaman Gerbera Potong dapat ditemukan tumbuh di berbagai wilayah geografis di dunia. Mereka tersebar di daerah tropis termasuk Asia, Afrika, dan Amerika.

Di beberapa negara seperti Indonesia, tanaman ini menjadi populer dan dibudidayakan di daerah tertentu, seperti Pulau Jawa (Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah) dan Sumatra Utara.

Tanaman ini juga dapat tumbuh di daerah dengan dataran tinggi maupun dataran rendah, namun pertumbuhan yang optimal terjadi pada daerah dengan iklim sejuk.

2. Persyaratan Tanah

Tanaman Gerbera Potong memiliki preferensi terhadap jenis tanah yang spesifik. Mereka tumbuh dengan baik di tanah yang gembur, subur, dan memiliki kandungan bahan organik yang baik.

Tanah dengan tekstur yang baik dan aerasi yang cukup penting untuk pertumbuhan akar yang sehat dan kuat. Drainase yang baik juga diperlukan untuk mencegah genangan air yang dapat merusak akar.

Selain itu, tanah dengan pH yang netral hingga sedikit asam (pH 6-7) cenderung menjadi lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan tanaman ini.

3. Kondisi Iklim

Tanaman Gerbera Potong tumbuh dengan baik dalam iklim tropis yang lembap, dengan suhu sekitar 20-25°C.

Mereka tidak mentolerir suhu ekstrem dan cenderung tidak tumbuh optimal dalam iklim yang terlalu panas.

Iklim dengan kelembapan yang cukup penting untuk menjaga kelembaban tanah dan mencegah tanah menjadi terlalu kering.

Perhatikan juga bahwa kondisi iklim dapat mempengaruhi kekuatan dan ketahanan bunga, di mana suhu yang rendah dapat memperpanjang umur bunga, sementara suhu yang tinggi dan sinar matahari yang berlebihan dapat mempercepat proses pembungaan.

4. Pencahayaan

Pencahayaan yang tepat sangat penting bagi pertumbuhan dan pembungaan yang optimal pada Tanaman Gerbera Potong.

Mereka membutuhkan sinar matahari langsung selama beberapa jam setiap hari, tetapi juga perlu perlindungan dari sinar matahari yang terlalu kuat.

Penyinaran yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan daun dan bunga terbakar. Oleh karena itu, tempatkan tanaman ini di tempat yang mendapatkan sinar matahari pagi atau sore yang lebih lembut.

5. Kelembaban Udara

Tanaman Gerbera Potong menyukai kelembaban udara yang cukup tinggi. Kelembaban yang rendah dapat menyebabkan daun mengering dan tanaman menjadi rentan terhadap hama dan penyakit.

Untuk menjaga kelembaban udara yang optimal, Anda dapat menyemprotkan air di sekitar tanaman atau meletakkan wadah dengan air di sekitar area penanaman.

Klasifikasi Tanaman Gerbera Potong

  1. Kingdom: Plantae
  2. Divisi: Spermatophyta
  3. Sub Divisi: Angiospermae
  4. Kelas: Dycotiledonae
  5. Ordo: Asterales
  6. Famili: Asteraceae
  7. Genus: Gerbera
  8. Spesies: Gerbera Jamesonii

Tanaman Gerbera Potong merupakan tanaman berbunga yang memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut:

1. Kingdom: Plantae

Kingdom Plantae merupakan kelompok organisme yang terdiri dari semua tumbuhan yang ada di dunia ini.

Tanaman Gerbera Potong termasuk ke dalam kingdom ini karena memiliki semua karakteristik yang mendefinisikan tumbuhan.

2. Divisi: Spermatophyta

Divisi Spermatophyta adalah kelompok tumbuhan yang menghasilkan biji.

Tanaman Gerbera Potong termasuk ke dalam divisi ini karena memiliki biji yang berkembang menjadi tanaman baru.

3. Sub Divisi: Angiospermae

Sub Divisi Angiospermae atau tumbuhan berbiji tertutup adalah kelompok tumbuhan yang bijinya terlindungi dalam ovarium atau buah.

Gerbera Potong termasuk ke dalam sub divisi ini karena bijinya terdapat di dalam bunga.

4. Kelas: Dycotiledonae

Kelas Dycotiledonae atau Dicotyledonae adalah kelas tumbuhan berbunga yang memiliki biji dengan dua daun lembaga atau kotiledon.

Tanaman Gerbera Potong termasuk ke dalam kelas ini karena bijinya memiliki dua kotiledon.

5. Ordo: Asterales

Ordo Asterales adalah ordo tumbuhan berbunga yang termasuk dalam kelompok Asterids.

Tanaman Gerbera Potong termasuk ke dalam ordo ini karena memiliki karakteristik yang mirip dengan tumbuhan dalam ordo Asterales.

6. Famili: Asteraceae

Famili Asteraceae atau famili bunga matahari adalah keluarga tumbuhan berbunga yang terkenal dengan bunga-bunga kompositnya.

Tanaman Gerbera Potong termasuk ke dalam famili ini karena memiliki bunga yang terdiri dari banyak bunga kecil yang disusun dalam capit atau kepala bunga.

7. Genus: Gerbera

Genus Gerbera adalah genus tumbuhan berbunga yang termasuk dalam famili Asteraceae.

Tanaman Gerbera Potong termasuk ke dalam genus ini karena memiliki karakteristik yang sama dengan tumbuhan dalam genus Gerbera.

8. Spesies: Gerbera Jamesonii

Gerbera Jamesonii adalah spesies tanaman Gerbera Potong yang merupakan salah satu spesies yang paling umum dan populer.

Tanaman Gerbera Potong termasuk ke dalam spesies ini karena memiliki karakteristik yang khas yang membedakannya dari spesies Gerbera lainnya.

Morfologi Tanaman Gerbera Potong

Morfologi Tanaman Gerbera Potong

Setelah membahas tentang klasifikasi dari tanaman Gerbera Potong (Gerbera jamesonii), kita akan menjelajahi morfologi tanaman ini yang meliputi akar, batang, daun, dan mahkota yang indah.

Pengetahuan tentang morfologi ini akan membantu kita memahami lebih dalam tentang struktur dan karakteristik visual dari tanaman Gerbera Potong yang populer ini.

1. Morfologi Akar Tanaman Gerbera Potong

Sistem perakaran tanaman Gerbera Potong menyebar dari kedalaman 30 cm hingga 75 cm.

Faktor-faktor seperti kesuburan tanah, tekstur tanah, usia tanaman, dan tingkat pertumbuhan tanaman mempengaruhi sebaran kedalaman akar ini.

Bibit Gerbera akan mengembangkan sistem akar dalam waktu 10 hingga 15 hari setelah proses penanaman. Akar-akar ini berbentuk serabut, sehingga menanam tanaman Gerbera Potong membutuhkan tanah yang cukup longgar.

Pemakaian sekam bakar atau sekam mentah sangat disarankan saat penanaman, karena tanah yang terlalu padat dapat menghambat pertumbuhan akar.

Pemilihan lokasi tanam yang mendukung pertumbuhan Gerbera Potong juga penting untuk memastikan pertumbuhan akar yang baik.

2. Morfologi Batang Tanaman Gerbera Potong

Batang tanaman Gerbera Potong adalah batang semu atau yang lebih dikenal sebagai batang herba. Ini berarti batangnya berbentuk lunak dan berisi air.

Batang semu pada Gerbera Potong dapat membentuk lapisan baru yang menutupi batang asli.

3. Morfologi Daun Tanaman Gerbera Potong

Daun-daun pada tanaman Gerbera Potong tumbuh dari pangkal tanaman dan membentuk tumpukan seperti roset. Daun-daun ini memiliki tepi yang rata, memanjang, dan berlekuk.

Mereka memiliki warna hijau yang khas dan tangkainya bulat dengan panjang sekitar 40 hingga 45 cm. Pada tiap-tiap tangkai daun yang ada, terdapat satu kuntum bunga Gerbera.

4. Morfologi Mahkota Tanaman Gerbera Potong

Bagian yang paling mencolok dari tanaman Gerbera Potong adalah mahkota bunganya yang indah dan unik.

Mahkota ini terdiri dari serangkaian kelopak bunga yang tersusun secara alami, dengan diameter sekitar 10 cm.

Warna pada mahkota tanaman Gerbera Potong ini terbilang sangat bervariasi, mulai dari warna kuning, ungu, oranye, putih, merah jambu, merah muda, merah, dan masih banyak lagi.

Ada juga Gerbera Potong dengan kombinasi warna campuran seperti merah-putih atau oranye-merah. Mahkota bunga ini dapat memiliki tiga lapisan, ganda, atau tunggal, dengan diameter mekar penuh mencapai 13 cm.

Penutup

Dalam kesimpulan, klasifikasi dan morfologi tanaman Gerbera Potong (Gerbera jamesonii) memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang karakteristik dan struktur visual dari tanaman ini.

Pengetahuan ini tidak hanya memberikan wawasan tentang sifat-sifat biologis tanaman Gerbera Potong, tetapi juga berguna dalam pemeliharaan dan budidaya tanaman ini.

Dengan mengapresiasi keunikan dan kecantikan tanaman Gerbera Potong, kita dapat menjaga dan memanfaatkannya dengan lebih baik dalam berbagai konteks hortikultura.

Also Read

Bagikan:

Joko Warino S.P M.Si

Seorang tenaga pengajar di Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau dengan bidang keahlian Ilmu Tanah dan Kesuburan Tanah. Semoga artikel yang dibuat bermanfaat.

Tags

Tinggalkan komentar