7+ Cara Mudah Menanam Cabe di Polybag untuk Pemula

Banyak masyarakat yang saat ini sedang mencari cara mudah menanam cabe di Polybag. Apalagi setiap saat harga cabe selalu mengalami kenaikan, padahal cabe adalah bahan makanan yang tidak boleh terlewat.

Maka dari itu, untuk menghemat pengeluaran masyarakat lebih memilih untuk menanam cabe sendiri.

Selain lebih hemat, menanam cabe juga termasuk hal yang mudah karena tidak membutuhkan lahan yang besar.

Hanya dengan lahan kecil bahkan bermodal Polybag dan benih, Anda sudah bisa mulai menanam cabe. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Alasan Anda Perlu Menanam Cabe Sendiri

Sebelum ke penjelasan lebih lengkap tentang cara menanam cabe di Polybag, Anda pasti bertanya mengapa harus menanam cabe? Padahal kan bisa langsung beli ke pasar? Ini memang benar.

Namun, setelah mengetahui alasan berikut ini Anda akan jauh lebih yakin untuk menanam cabe.

1. Banyak Khasiat dan Manfaat

Alasan pertama mengapa Anda harus menanam cabe karena cabe mengandung banyak khasiat dan manfaat untuk tubuh. Hampir semua masakan Nusantara menggunakan cabe sebagai tambahan bumbunya.

Bahkan beberapa makanan yang rasanya kurang lengkap jika tidak ada cabe. Selain itu, cabe juga kaya akan manfaat seperti mencegah infeksi sistem pencernaan.

2. Peluang Bisnis Menjanjikan

Bukan hanya untuk dikonsumsi pribadi, menanam cabe sendiri juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Banyak bahan makanan bahkan obat-obatan yang menggunakan cabe sebagai bahan bakunya.

Maka tidak heran jika harga cabe dalam pasaran terus mengalami peningkatan. Bahkan harga cabe rawit dalam pasaran bisa mencapai 100 ribu rupiah per kg.

3. Beragam Jenis Cabe

Anda pasti sudah tahu jika cabe memiliki jenis yang beragam mulai dari cabe rawit, cabe besar, cabe keriting dan paprika.

Ini bisa Anda budidayakan dengan baik apalagi untuk varietas unggul yang pastinya dapat menghasilkan buah cabe yang lebih baik.

Cabe yang baik dan berkualitas akan memiliki banderol harga yang mahal.

Cara Mudah Menanam Cabe di Polybag

Sebenarnya, ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk menanam cabe. Namun, yang lebih simpel adalah menanam cabe di Polybag yang bisa diletakkan pada teras rumah.

Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk menanam cabe yang harus Anda terapkan.

1. Siapkan Media dan Tempat Tanam

Siapkan Media dan Tempat Tanam

Cara menanam cabe pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan media tanam dan tempatnya.

Untuk tempatnya sendiri, bisa Anda gunakan wadah bekas yang berlubang sebelum nantinya bisa dipindah ke Polybag.

Selanjutnya, isi wadah tersebut menggunakan media tanam berupa tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan yang sesuai. Jangan beri pupuk kompos terlalu banyak agar tanaman tidak merasa panah.

Atau jika tidak Anda bisa langsung membeli media tanam dalam toko pertanian. Kemudian isi wadah tersebut dengan media tanam hingga menyisakan 5-10 cm dari bibit pot.

2. Beli Bibit Cabe Berkualitas

Beli Bibit Cabe Berkualitas

Langkah selanjutnya dalam menanam cabe di Polybag adalah membeli dan memilih bibit cabe berkualitas.

Andai bisa membelinya di toko pertanian yang sudah pasti menyediakan bibit cabe yang beragam kualitasnya.

Pilih bibit cabe yang sudah pasti berkualitas dan proses perawatannya relatif mudah. Biasanya bibit cabe yang berkualitas harganya relatif lebih mahal.

Namun, jika Anda ingin lebih hemat sebaiknya pilih bibit yang harganya lebih mudah tetapi tetap berkualitas. Sebenarnya semua hasil cabe tergantung bagaimana cara perawatan nantinya.

Perlu Anda tahu jika bibit unggul dapat membuat cabe bisa bertahan hidup lebih baik. Begitu pula sebaliknya, bibit jelek bisa mati jika Anda pindahkan ke tempat lain.

3. Sebar Bibit Cabe

Setelah berhasil mendapatkan bibit cabe yang sesuai dengan keinginan, langkah menanam cabe di Polybag selanjutnya adalah menyebar bibit cabe.

Bibit cabe ini harus Anda sebar dengan jarak antara 5-10 cm, langsung saja dikira-kira.

Ketika semua bibit sudah berhasil tersebar, tutup semuanya dengan media tanam. Pastikan semua bibit sudah tertutup rapi dengan media tanam.

Perlu Anda tahu, bahwa bibit cabe ini tidak harus selalu dari toko pertanian. Anda juga bisa membuat bibit cabe sendiri dari biji cabe yang sudah kering.

Caranya juga mudah, ambil biji cabe dari cabe yang sudah merah dan matang. Kemudian rendam cabe tersebut dengan campuran air hangat dan bawang merah halus selama semalaman.

Setelah semalaman, ambil biji cabe yang sudah tenggelam dan keringkan. Selesai, kini biji cabe sudah menjadi bibit cabe yang siap tanam.

4. Siram dengan Air Bersih

Cara menanam cabe di Polybag selanjutnya adalah menyiram seluruh bibit cabe dengan air bersih.

Perlu Anda ingat untuk tidak menyiram dengan air yang banyak, cukup siram dengan semprotan tanaman.

Penyiraman ini harus Anda lakukan sebanyak dua kali dalam sehari pada saat pagi dan sore hari. Tujuannya untuk memastikan bibit cabe tetap dalam keadaan yang lembab.

Jangan pernah menyiram bibit cabe dengan air dalam jumlah yang terlalu banyak. Secukupnya saja sampai Anda merasa bibit cabe dalam keadaan lembab.

5. Jangan Langsung Terkena Sinar Matahari

Langkah menanam cabe di Polybag yang satu ini tidak boleh terlewat karena termasuk hal yang sangat penting. Yaitu jangan membiarkan bibit cabe terkena sinar matahari secara langsung.

Memang benar jika setiap tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis.

Namun, untuk bibit cabe kali ini masih dalam proses pertumbuhan awal sehingga yang paling penting adalah kelembapan.

Maka dari itu, Anda harus menjauhkan bibit cabe dari paparan sinar matahari secara langsung. Lakukan hal ini hingga bibit cabe muncul tunas dan siap untuk dipindahkan.

6. Pisahkan Bibit Tanaman

Cara menanam cabe di Polybag yang satu ini adalah langkah utamanya yaitu memisahkan bibit tanaman.  Setelah tumbuh tunas, bibit cabe akan tumbuh daun.

Ini artinya sudah waktunya untuk memindahkan tanaman cabe ke Polybag. Tempatkan satu tanaman cabe ke dalam satu buah Polybag yang berukuran sedang, bisa juga ukuran besar.

Mengapa harus terpisah? Tujuannya agar bibit cabe tersebut bisa mendapatkan nutrisi yang maksimal. Sehingga bisa tumbuh dan berbuah cepat dengan hasil yang memuaskan.

7. Rawat Hingga Panen

Langkah menanam cabe di Polybag yang terakhir adalah merawat tanaman cabe tersebut hingga panen. Sekilas perawatannya memang cukup mudah yaitu Anda hanya perlu menyirami secara teratur.

Bahkan jika perlu berikan pupuk khusus tanaman agar tumbuh besar dan tidak terkena hama.

Bagaimana cara merawat tanaman cabe yang benar? Langsung saja ke penjelasan berikut ini.

  • Rutin Menyiram Cabe

Cara pertama yang benar-benar harus Anda perhatikan adalah pada tahap penyiraman. Anda harus rutin menyiram cabe dengan air yang cukup sekali dalam sehari.

Namun, jika sedang musim panas cabe perlu mendapatkan air yang cukup. Sehingga Anda harus menyiramnya sebanyak dua kali dalam sehari.

Perlu Anda perhatikan agar air tidak sampai menggenang pada media tanam. Bahkan Anda bisa menyiram dengan air bekas cucian beras jika ingin cabai berbuah lebat.

  • Pemberian Pupuk

Proses menanam cabe di Polybag memang tidak semudah yang Anda bayangkan, namun juga tidak terlalu susah. Semua itu hanya memerlukan cara tanam dan perawatan yang benar.

Salah satunya adalah pemberian pupuk pada tanaman cabe dalam Polybag.

Pemberian pupuk ini harus rutin yaitu 2 kali seminggu sejak cabai mulai ditanam baik dengan pupuk kandang, kompos atau organik.

Jika Anda menanam cabe di Polybag, maka letakkan pupuk di atas permukaan tanah. Berikan pupuk secukupnya, jangan terlalu banyak agar tanaman cabe tetap bisa tumbuh sehat.

  • Bersihkan dan Lakukan Penyiangan pada Cabe

Penyiangan merupakan salah satu cara agar cabe bisa tumbuh dan berkembang lebih baik. Proses ini juga dapat membantu membersihkan tanaman dari hama.

Penyiangan ini tidak boleh Anda lakukan sembarangan, harus menggunakan alat seperti sarung tangan, sekop dan gunting. Caranya cukup bersihkan Polybag dari daun kering atau kotoran lain.

Bersihkan tanaman liar dan sampah yang sudah bertebaran pada area sekitar Polybag tanaman cabe. Anda juga perlu membersihkan dengan cara memotong daun yang sudah layu dan menguning.

Proses ini perlu Anda lakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu hari.

  • Pangkas Tanaman

Jika perlu lakukan pemangkasan pada tanaman cabe agar terlihat lebih bersih dan dapat terhindar dari hama tanaman.

Gunakan gunting untuk memangkas tanaman cabe, cukup gunting pucuk tanaman secara perlahan.

Tujuan pemangkasan ini adalah agar struktur tanaman cabe menjadi lebih terjaga dan berkembang dengan baik. Proses ini perlu untuk Anda lakukan selama satu bulan sekali.

Ada hal lain yang tidak boleh terlewat yaitu usahakan semaksimal mungkin untuk tidak memotong daun mudah atau cabenya.

  • ¬†Jaga Kesehatan Tanaman Cabe

Selanjutnya Anda perlu menjaga dengan baik dan benar kesehatan tanaman cabe. Agar tanaman cabe dapat terhindar dari hama yang bisa saja membuat tanaman menjadi busuk, mati atau menghambat pertumbuhan.

Menjaga kesehatan tanaman cabe ini perlu Anda lakukan dengan cara menyemprotkan cairan pestisida pada sore hari menjelang malam. Lalukan ini pada tanaman cabe yang memang masih dalam keadaan sehat.

Namun, jika tanaman cabe sudah busuk dan daunnya hampir mengering jangan semprotkan pestisida. Sebaiknya berikan pupuk dan obat untuk tanaman agar kembali segar dan berkembang.

Manfaat Menanam Cabe di Polybag

Manfaat Menanam Cabe di Polybag

Bukan hanya mengetahui cara tepat menanam cabe di Polybag saja, namun Anda juga harus tahu apa saja manfaatnya. Penasaran? Berikut ini beberapa manfaat menanam cabe dalam Polybag.

1. Tanpa Mengolah Tanah

Jika Anda lebih memilih untuk menanam cabe di Polybag, maka ini adalah hal yang sangat menguntungkan. Karena Anda tidak perlu lagi mengolah tanah sebagai media tanam.

Hanya perlu mencampurkan tangan kebun, pupuk kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1 dalam Polybag.

Ini merupakan cara yang tepat bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu namun tetap bisa berkebun di rumah.

2. Tidak Membutuhkan Lahan yang Luas

Salah satu alasan orang malas menanam cabe sendiri adalah karena keterbatasan lahan. Padahal untuk bisa menanam cabe tidak membutuhkan lahan yang luas.

Jika Anda menggunakan Polybag, maka akan jauh lebih menghemat lahan. Tanaman cabe nantinya bisa Anda letakan pada teras atau lahan yang memang sempit.

Polybag sendiri memiliki bentuk menyerupai kantong plastik yang fleksibel. Bahkan Anda bisa mulai menanam cabe walaupun tinggal pada apartemen.

3. Tanaman Menjadi Lebih Kuat

Banyak yang belum menyadari bahwa menanam cabe di Polybag justru membuat tanaman ini menjadi lebih kuat.

Bahkan masih banyak yang belum percaya bahwa Polybag bisa membuat tanaman lebih kuat dan lebih bagus.

Hal ini karena Polybag memiliki bahan yang elastis sehingga tanaman mendapatkan nutrisi dan pupuk yang terkontrol dengan baik. Bukan hanya itu saja, namun air dan pupuk yang Anda berikan lebih cepat terserap akar.

Apalagi ukuran Polybag yang telah terlalu besar akan mempermudah akar untuk menyerap nutrisi tersebut. Sehingga tanaman menjadi lebih subur dan menjadi lebih kuat.

4. Polybag Lebih Fleksibel

Berbeda dengan menanam cabe langsung ke lahan yang luas, menanam cabe di Polybag justru lebih fleksibel.

Hal ini karena Anda bisa dengan mudah memindah Polybag dari tempat satu ke tempat yang lain.

Apalagi buat Anda yang suka mendekorasi rumah sendiri, ini adalah cara yang tepat. Mengingat tanaman cabe dalam Polybag tidak akan terganggu tumbuh kembangnya meskipun Anda pindah-pindah.

5. Harga Terjangkau

Salah satu manfaat dari menanam cabe di Polybag adalah harganya yang jauh lebih terjangkau. Berbeda jika Anda harus membeli tanah terlebih dahulu sebagai lahan tanam.

Bentuknya yang menyerupai plastik, Polybag sudah pasti memiliki harga yang lebih terjangkau dan hemat. Hanya dengan uang 10 ribu Anda sudah bisa mulai untuk berkebun dengan sejumlah Polybag.

Pastinya harga Polybag beragam tergantung dengan ukuran yang Anda pilih, namun tetap saja harganya terjangkau.

Selain itu, jika gagal dalam menanam juga mudah pembersihannya bahkan Polybag bisa Anda gunakan kembali.

6. Panen Lebih Cepat

Setiap orang pasti ingin panen lebih cepat dalam menanam apapun, salah satunya menanam cabe. Apalagi proses panen adalah hal yang seru dan paling ditunggu selama menanam tanaman.

Perlu Anda tahu jika menanam cabe di Polybag, justru akan lebih cepat panen. Karena bentuk Polybag yang tidak terlalu besar, membuat Anda dengan mudah mempertahankan kualitas tanah dan pupuk.

Sehingga tanaman cabe dapat tumbuh besar dengan cepat dan siap untuk memasuki masa panen. Bonusnya Anda bisa mendapatkan cabe dalam jumlah yang banyak dengan ukuran yang besar.

7. Cara Menanam Lebih Mudah

Penjelasan sebelumnya sudah membuktikan bahwa menanam cabe di Polybag jauh lebih mudah daripada dalam lahan yang luas. Karena Anda hanya perlu mencampur media tanam dengan perbandingan yang sesuai.

Kemudian lanjut untuk memasukkan bibit tanaman dalam Polybag yang sudah ada media tanam. Anda juga tidak perlu melakukan proses stek atau cangkok saat akan menanam ini.

Hanya perlu melubangi media tanam dengan satu jari, kemudian masukkan bibit tanaman cabe ke dalam lubang tersebut. Lanjut tutup kembali lubang tersebut dan sirami dengan air secukupnya.

Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan dalam menanam cabe di Polybag seperti pada penjelasan diatas.

Jika menanam cabe lakukan semaksimal mungkin dan pastikan rutin memberikan pupuk, membersihkan dan menyirami tanaman cabe tersebut.

Tinggalkan komentar