Belajar Ngeblog : Bisnis Sampingan Ideal Dengan Modal Sedikit Buat Mahasiswa

Belajar Ngeblog : Bisnis Sampingan Ideal Dengan Modal Sedikit Buat Mahasiswa – Selain bisa bekerja, anda juga dapat berdagang meskipun hanya bersifat musiman.

Nah, sekarang ini jika dikaitkan dengan adanya internet yang mulai berkembang pesat dari kota hingga desa maka ada kemungkinan saat ini adalah waktu yang tepat bagi anda untuk mencari pekerjaan yang bersifat bisnis sampingan misalnya dengan membuka toko busana Muslim remaja trendy online atau ngeblog.

Sangat cocok dilakoni oleh para mahasiswa yang berniat mencari bisnis sampingan yang ideal, maka internet merupakan salah satu solusinya. Kenapa dibilang ideal ?

20160426_194845_resized

Pertama, karena bisnis ini bisa dilakoni hanya dengan modal yang minim.

Kedua, fleksibel atau bisa menyesuaikan dengan waktu kuliah anda, dan ketiga, hasilnya yang maksimal.

Khusus dalam tulisan ini, kami hanya akan memfokuskan pada pembahasan tentang bisnis sampingan ngeblog untuk toko online.

Baca Juga : Yuk Kita Belajar Internet Marketing Sejak Awal

Sebagai contoh, seorang mahasiswi yang kuliah dengan mengambil jurusan diploma tiga di sebuah universitas terkenal di Jogja.

Selama lima belas tahun sejak duduk di bangku SMA ia telah menekuni bisnis sampingan berupa toko online untuk mengumpulkan dan menambah biaya hidup sehari-hari sekaligus meringankan beban orang tuanya di kampung.

Dua pekerjaan yang ia lakukan adalah part time di koperasi mahasiswa dan penjaga rental komik sambil mengelola toko online baju yang ternyata mampu meraih sukses dan saat ini ia mampu merekrut karyawan baru untuk membantu pekerjaannya yang mulai menumpuk.

Jika anda ingin mengetahui tentang rahasia sukses mahasiswi ini dan rekan-rekannya yang lain maka anda bisa menyimak cara praktis untuk sukses dalam ngeblog dan membuka toko online:

1). Modal Minimal

Apa kira – kira yang anda pikirkan sebagai seorang mahasiswa ketika anda dihadapkan pada sebuah bisnis sampingan ?

Modal uang, niat, ide atau bahkan praktek yang lebih penting ?

Yang jelas anda harus memiliki modal dalam pengertian yang luas adalah semua yang dibutuhkan untuk memiliki sebuah toko online.

Artinya anda perlu uang meskipun ini bukan merupakan hal penting, tapi paling tidak anda mampu meminimalisir situasi terburuk dimana anda butuh uang dengan cepat.

Kemudian anda perlu memikirkan niat, ide kreatif dan tentu saja implementasi di lapangan.

Dalam ngeblog apabila diuraikan secara detail maka modal utama tetap memegang kendali yang berkaitan dengan pengeluaran uang untuk kebutuhan usaha yang akan rintis diantaranya akses internet, pembelian domain dan hosting serta peralatan utama misalnya laptop/notebook.

Untuk meminimalisir kondisi ini maka anda sebaiknya mengetahui tentang akses internet secara gratis yang bisa didapatkan dengan sangat mudah misalnya via perpustakaan.

Sedangkan untuk domain bisa membelinya dengan harga yang sangat murah. .

Jika anda sabar memilih, ada juga yang lebih murah misalkan dot info. Bagaimana dengan hosting?

Sementara ini anda bisa memanfaatkan blogger milik google yang dicustom dengan domain yang rencananya akan anda beli.

Untuk notebook/laptop anda bisa membeli dengan harga yang terjangkau pula pada tempat yang sama.

2). Fleksibel

Ngeblog bisa dilakukan dengan menyesuaikan waktu sehingga anda bisa mengerjakannya kapanpun dan dimanapun anda berada.

Juga, disarankan tidak menggangu waktu utama untuk kuliah dan belajar anda. Pekerjaan rutin ngeblog adalah menulis.

Apa yang harus anda tulis ? Bisa diawali dengan mencari tema tulisan yang paling banyak disukai agar bisa terus termotivasi sehingga ada keteraturan bagi anda melakukan posting.

Berbeda dengan bekerja yang waktunya telah ditentukan, maka ngeblog sifatnya lebih fleksibel. Ketika jadwal kuliah anda mulai padat, maka anda bisa mengerjakan tulisannya saat anda memiliki waktu luang.

Saat ini ngeblog merupakan sebuah bisnis sampingan yang benar-benar ideal untuk dilakukan karena tidak terikat oleh jadwal yang pasti.

Namun demikian, dengan waktu yang lebih fleksibel diharapkan jangan sampai anda terlena sehingga menyebabkan kegiatan menulis di blog menjadi disepelekan karena sejatinya dalam acara ngeblog sama dengan bisnis lain yaitu perlu ketekunan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Secara singkat, keberhasilan yang akan anda peroleh dalam ngeblog akan tergantung dari seberapa besar usaha yang anda lakukan.

3). Hasil Maksimal

 Harapan terbesar bagi masing-masing orang yang berniat menjalankan bisnis sampingan adalah akan memperoleh hasil yang maksimal.

Ngeblog merupakan salah satu cara yang mampu memungkinkan anda untuk memperoleh pendapatan sesuai dengan yang diharapkan.

Banyak fakta di luar sana dimana mereka para blogger yang mendapatkan kesuksesan dari segi pendapatan dalam jumlah besar bahkan hingga ada yang menghasilkan di atas gaji pegawai negeri perbulannya sehingga menjadikan ngeblog bagi sebagian mahasiswa bukan hanya dijadikan sebagai bisnis sampingan saja melainkan sudah merupakan sebuah pekerjaan utama.

Tulisan singkat tersebut di atas hanyalah sebagai pembuka awal bagi para mahasiswa yang berniat mencari bisnis sampingan ideal dengan memperhatikan tiga kriteria di atas.

Jika ada yang berminat ingin menggelutinya secara serius, maka silahkan dimulai dari sekarang.

Baca Juga : Cara Memasang Widget Kamera CCTV di Blog

3 thoughts on “Belajar Ngeblog : Bisnis Sampingan Ideal Dengan Modal Sedikit Buat Mahasiswa

  1. Rifa

    Thank you, artikelnya cukup membantu. Sebelumnya saya ada rncana mau buka usaha jasa salon kecantikan yang targetnya mulai dari mahasiswa sampe ibu2. Saya bingung nih mau milih pake sosial media mana yang sekiranya bisa cepat diketahui banyak orang dan diminati karena pemasaran saya cuma bisa mengandalkan online. Boleh minta saran kira2 lebih baik saya memasarkan pake blog atau instagram? Kalau nyebar brosur dan sebagainya saya ngga ada waktu.

    Reply
    1. Mas Joko Post author

      semua oke tuh cara promosinya, baik fb, instagram, twitter maupun toko online.. tinggal di bagi waktunya aja.kalau kita sendiri lebih baik di focuskan oleh salah satu media sosial tapi kalau ada anggta llebih baik di sikat semuanya mbak.. hehe

      Reply
  2. anuryas76

    Masing-masing cara promosi tersebut punya jelebihan dan kekurangan. Sebagai contoh jika melalui blog kita dapat menceritakan bisnis yang ditawarkan secara detail, mulai dari awal hingga akhir proses nya, tetapi perlu ketekunan dan fokus dalam mengelola blog, sehingga blog dikenal dan mencapai target sasaran. Sedangkan jika melakukan promosi melalui instagram kita langsung melakukan promosi tanpa harus membuat sasaran promosi mengenal instagram dan menggunakan instagram kita dapat langsung mempromosikan event2 yang sedang terjadi tanpa perlu ribet dengn urusan login dan mengedit kata2…

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *