Anda Memiliki Website! Begini Cara Melakukan Pemeliharaan Agar Website Tetap Eksis

Cara Pemeliharaan Website – Website diibaratkan sebagai rumah kedua bagi pemiliknya. Supaya setiap tamu yang mengunjungi website kita merasa nyaman, maka kita harus memelihara website tersebut dengan sebaik-baiknya agar pengunjung betah dan nyaman saat berkunjung.

Selain itu, kita juga dapat mengisi website dengan konten yang bermanfaat atau dibutuhkan oleh pengunjung. Sehingga pengunjung akan merasa betah, nyaman, dan berlama-lama di website kita.

Sebagai pemilik website, tentunya kita tak ingin pengunjung hanya sekali mengunjungi atau numpang lewat saja bahkan sampai tidak pernah berkunjung kembali.

Melainkan website yang kita miliki selalu ramai dengan pengunjung, apalagi jika website tersebut digunakan sebagai bisnis atau situs e-commerce.

Baca Juga : Tahapan Dalam Persiapan Membuat Website Untuk Para Pemula

Akan tetapi, jika website tersebut tidak dirawat dengan baik bahkan terbengkalai. Harapan tersebut hanya sekedar hayalan saja, bahkan tidak akan pernah terjadi.

Selain melakukan update konten, kenyamanan pengunjung pada suatu website juga ditentukan dengan akses yang baik dalam arti tidak terjadi kesalahan atau gangguan dalam proses sehari-hari.

Sehingga jika terjadi kesalahan saat diakses, akan menggangu kenyamanan hingga membuat pengunjung malas berkunjung kembali ke website kita.

Jika website memiliki konten yang banyak, maka pemeliharaan dapat diserahkan kepada tim webmaster.

Akan tetapi, jika website memiliki konten yang tidak terlalu banyak. Dapat dilakukan pemeliharaan sendiri agar ketika diakses tetap berjalan normal, tidak terjadi gangguan atau kendala, pengunjung semakin banyak, dan tentunya mengurangi biaya operasional untuk menyewa jasa tim webmaster.

Berikut beberapa cara mudah untuk melakukan pemeliharaan website, antara lain ;

Update konten

Website yang baik adalah website yang selalu dipelihara dan selalu diperbaharui (update), salah satu pemeliharaan yang paling umum dengan melakukan pembaharuan isi konten.

Sebaiknya, konten pada website selalu diperbaharui bahkan jika diperlukan selalu up to date.

Sehingga pengunjung tidak merasa bosan, karena konten seperti artikel dan lain-lainnya perlu diperbaharui dalam jangka waktu tertentu.

Update tampilan

Selain dipengerahui oleh isi konten, banyak sedikitnya pengunjung yang datang ke website juga ditentukan oleh tampilan.

Pembaharuan website sangatlah penting, karena jika pemilik website tersebut jarang atau tidak pernah melakukan penggantian tampilan. Akan membuat pengunjung bosan, sehingga tidak betah berlama-lama.

Update teknologi

Seperti yang kita ketahui, teknologi internet selalu mengalami perkembangan dan menghasilkan beberapa teknologi (fitur) terbaru.

Dengan begitu, kita harus mengikuti perkembangan teknologi dan mengamplikasikan kepada website.

Jika tidak mengikuti perkembangan teknologi, bisa jadi website yang kita miliki akan ketinggalan bahkan beberapa waktu yang akan datang mengalami beberapa persoalan seperti masalah kecepatan akses atau masalah fitur tambahan yang tidak mendukung.

Memantau statistik

Dengan melakukan pemantauan statistik, kita dapat mengetahui siapa saja yang mengunjungi website, kerusakan jika terjadi kesalahan, dan lain sebagainya.

Sehingga, kita dapat mengetahui konten apa saja yang perlu ditambahkan hingga data-data untuk melakukan pemeliharaan.

Baca Juga : Langkah-langkah Membuat Desain Web Yang Wajib Anda Lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *