Tahukah Anda Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja Search Engine Google?

Sekian lama kita berkutat di dunia maya, barangkali anda hampir jenuh dengan apa yang disebut search engine atau SE namun apakah  anda yakin betul sudah menguasai pasti tentang SE ini?

jika masih sekedar tahu tanpa memahami  makna dan menyikapinya dengan baik dan benar rasanya percuma karena dunia maya adalah dunia aplikasi bukan sekedar ngerti namun harus diaplikasikan nyata dan ada  hasilnya.

Nah untuk inilah kita sedikit mengulas pengetahuan dasar mengenai SE ini supaya menambah wacana bagi kita dan ada manfaatnya kita bisa rasakan dari info ini.

Cara Kerja Search Engine Google

Setidaknya entar kalo ditanya mbah google jadi bisa menjawab bukan ?

Pada kunjungan singkat ini sekedar berbagai info mengenai materi SEO kaitanya membahas bagaimana cara kerja mesin pencari (Search Engine) Google, menurut perkataan Google sendiri.

Bagaimana  Kerja Search Engine ?

1). Menjelajahi dan Menyusun Index

a).  Untuk diketahui,semenjak aplikasi komputer bernama Google ini  lahir sampai sekarang sistem ini sudah melahap sekitar 60 triliun page atau halaman.

Setianya si Google ini pada setiap mengawali proses kerjanya dengan rajin menjelajahi semua halaman yang ada di internet.

b). Untuk beraktifitas, Google memiliki alat atau mesin pencari ini  dengan mengirimkan robotnya untuk mengunjungi semua halaman yakni dengan caranya  mengikuti jejak sambungan link dari suatu halaman ke halaman lainnya dengan sangat cermat dan teliti.

Namun beberapa kasus bagi si pemilik situs bisa saja mencegah supaya setiap halamannya tidak lacak dimasuki oleh robot mesin pencari dengan memasang robots bernama .txt yang bertugas untuk menggonggong melarang  semua musuh termasuk robotnya google ini.

c). Cara kerjanya Google akan mengurutkan semua halaman itu berdasarkan kontennya dan faktor faktor lainnya, dan sesudah itu menyimpan rekamannya dalam daftar index atau pusat kumpulan data Google.

2.) Pencarian

a). Ketika kita mengetikkan sesuatu di kotak pencarian, maka apa yang anda ketikkan itu akan langsung terkirim selanjutnya akan diproses di sistem kerja terpadu.

b). Kemudian mesin pencari akan bekerja untuk mencari pedoman kerja guna memahami apa yang  diinginkan, untuk itu ada sekitar 6 tahapan prosesnya :

  • Dimulai dari masalah Ejaan, akan menilai apakah ejaan yang kita pakai anda sudah benar? nah jika ditemukan masih ada yang salah salah kata,dengan bijak google akan langsung memberikan saran.
  • Bersifat autocomplete,bersifat serba otomatis  di mana Google memperkirakan apa yang kira-kira dicari dengan berbagai variasi makna lainnya
  • Memilikin sinonim, kebiasaanya Google selalu berusaha melihat pada tiap tiap lembaran dokumen dengan selalu membandingkan dokumen satu dengan yang lainnya yang mengandung kata yang sinonim dengan pencarian anda
  • Setiap proses pencarian, Google akan menyediakan data pendukung sebagai pembanding lain dalam format tertentu seperti video, atau gambar yang berkaitan dengan kata kunci tersebut
  • Khusus untuk Google Instant, akan berusaha untuk  menjadi yang terbaik dimana  akan  selalu berusaha menampilkan hasil secepat dan seakurat mungkin  mungkin kepada penggunanya  termasuk anda.

c). Setelah semua petunjuk yang dikumpulkan di atas,lalu Google akan menarik data dari tempat penyimpanannya di gudangnya yang kita sebut index itu.

d). Lalu untuk kerjanya, proses menampilkan data ini berpa ranking / peringkat haruslah  melalui algoritma yang Google terapkan:

  • Segi kwalitas dari situs dan page atau Halaman. Pola algoritma Google akan selu tetap berupaya untuk mengindentifikasi seberapa terpercaya, bereputasi, dan kemampuan otoritasnya atau kemandiriannya suatu sumber dengan menggunakan beberapa pengukurnya atau parameter. Diantarnya  berupa posisi  pagerank
  • Segi Kesegaran Google juga akan memandang penting untuk mempertimbangkan segala informasi yang terbaru untuk ditampilkan dalam hasil pencariannya
  • Upaya pencarian Aman dari Google sebisa mungkin akan mengurangi hasil tindakan pencarian yang berkonten dewasa alias parno dari hasil pencarian anda namun ada perkecualian jika memang andalah yang menyukai  dan mencari yang barbau parno. Perkembangan google kini, akan memberikan sangsi nyata maksudnya jika situs anda bukan situs konten dewasa. Namun gegabah dan ceroboh dengan memasang iklan untuk menuju situs yang mengandung konten dewasa, maka pastinya  page range atau ranking situs anda akan berkurang
  • Berkaitan konteks pengguna, Google juga akan melihat posisi lokasi tempat dan geografis kita lalu cookie pada komputer kita hal ini berguna untuk untuk menentukan posisi page rank  halaman yang kita tampilkan.
  • Faktor Bahasa ,biasanya Google pun juga akan selalu mengklasifikasikan  atau menggolongkan upaya pencarian dengan  atas dasar segi bahasa  juga asal negara.
  • Bentuk konten umum  bisa berupa  gambar, video, berita, peta, dll. yang juga akan diikutsertakan dalam halaman hasil pencarian.

e). Dari seluruh tahapan proses di atas berlangsung selama 1per delapan detik saja sebelum dikirimkan ke anda berupa tampilan dilayar anda.

Sungguh ini keajaiban yang kita patut syukuri juga  bahwa kerja manusia sudah bisa lebih cepat beberapa kali lipat dari sebelumnya berkat teknologi ini.

Baca Juga : Apakah Penggunaan Https Berpengaruh Pada Optimasi SEO Blog?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *