Tahapan Dalam Persiapan Membuat Website Untuk Para Pemula

Tahapan Dalam Persiapan Membuat Website Untuk Para Pemula – Tahapan persiapan membuat website untuk pemula, mungkin artikel dengan judul tersebut sudah banyak dibahas oleh blogger di Indonesia.

Akan tetapi, kebanyakan artikel dengan judul tersebut tidak dijelaskan secara detail atau hanya gambarannya saja.

Permasalahan tersebut, pastinya menjadi batu sandungan dan  membingungkan bagi pemula yang masih asing dengan program web.

humif

Sehingga, para pemula akan kesulitan untuk mengikuti tahapan-tahapan persiapan membuat web yang digambarkan.

Karena permasalahan tersebut, melalui artikel ini akan dijelaskan secara detail tahapan persiapan membuat website untuk pemula. Dengan tujuan, agar dapat dipelajari dan dipahami oleh pemula sekalipun.

Menentukan Tujuan dan Tema Website

Untuk membuat sebuah website, dibutuhkan tahapan-tahapan yang sudah terstruktur. Mulai dari perencanaan, pembuatan desain, implementasi, hingga penempatan beberapa iklan atau situs yang terhubung.

Dengan demikian, sebelum membuat website dibutuhkan beberapa tahapan untuk menentukan tujuan dan isi website tersebut.

Pemilihan tema merupakan tahapan yang paling dasar, karena tema yang akan dipilih akan menentukan keseluruhan tampilan dan isi pada website tersebut.

Pada website dengan satu tema seperti sepakbola atau gadget, akan menampilkan gambar yang relative besar.

Sebaliknya, website dengan tema ganda seperti took online dan berita akan menampilkan gambar yang relative kecil agar dapat menampung banyak gambar pada satu tampilan.

Menentukan Jenis dan Isi Website

Setelah menentukan tujuan dan tema, Anda dapat menentukan jenis website sesuai dengan jenis dan isi konten web tersebut.

Apakah isi kontennya tetap dan tidak berubah-ubah  atau dinamis, sehingga kontennya bisa Anda ubah setiap saat.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga perlu pertimbangan yang matang untuk menentukannya.

Baca Juga : Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Website/Blog Yang Berkualitas

Memilih Database

Tahap berikutnya ialah pemilihan database server untuk website Anda. Sebagai catatan, lebih baik pilih database server yang banyak digunakan dan memiliki keamanan yang terpercaya.

Karena jika Anda membuat website untuk toko online, bank, atau penyimpanan data-data. Diperlukan database yang dapat menjamin keamanan dan memiliki sifat yang rahasia, sehingga data konsumen akan tetap aman.

Membuat Database Management

Usai memilih database server, alangkah baiknya segera buat database management system. Seperti tabel, berbagai neraca dan field, serta interaksi yang akan terjadi. Sehingga skema database website Anda dapat direncanakan baik.

Membuat dan Mengumpulkan Isi Website

Tahapan berikutnya, Anda wajib mengumpulkan isi web yang akan ditampilkan pada laman utama.

Sehingga dapat diketahui berapa jumlah halaman yang akan dipersiapkan. Selain itu, secara tidak langsung Anda juga membuat fasilitasi website seperti log in, register, buku tamu, polling, download file,  update, dan sebagainya.

Fasilitas Website

Setelah membuat dan menambahkan isi, Anda dapat memberikan fasilitas tambahan pada website.

Seperti memilih bahasa, memberikan animasi, gambar, video, music, dan fasilitas lain-lainnya. Guna mendukung isi dan fungsi website Anda, sehingga terlihat lebih menarik.

Update dan memelihara Website

Jika tahanpan-tahapan tersebut sudah Anda lakukan, langkah selanjutnya menyusun desain sesuai tahapan diatas.

Selanjutnya, lakukan integrasi sistem pada internet dan tempatkan situs website ke internet. Dengan begitu, website yang baru saja Anda buat akan tersambung atau online.

Selanjutnya, Anda dapat melakukan update isi dan informasi pada website. Selain itu, lakukanlah pemeliharaan dan selalu menjalankan situs agar pengunjung website terus meningkat.

Baca Juga : Cara Memilih Niche Yang Cocok Untuk Buat Blog Baru 

3 thoughts on “Tahapan Dalam Persiapan Membuat Website Untuk Para Pemula

  1. Rey

    Nambah ilmu baru nih karena saya baru saja bikin blog pake WordPress. Masalahnya, saya masih bingung dengan tampilan blog saya yang masih baru dan kosongan. Pertama pas saya milih-milih tema, di menu paling atas muncul Home, About, dan Uncategorized. Nah yang uncategorized itu bisa dihapus nggak ya mas? Saya sudah bisa kalau nambahin menunya, yang bingung kenapa malah yang uncategorized itu tadi nggak bisa diilangin. Makasih.

    Reply
    1. Mas Joko Post author

      Biasanya ada di menu Laman di dasbor wp, bisa di hapus melalui situ..

      Reply
  2. anuryas76

    Sebenarnya untuk menghapus “uncategorized” ini sangat mudah, pertama pastikan seluruh artikel yang di buat sudah di masukan sesuai dengan kategori nya, karena kalau tidak maka artikel tersebut akan masuk ke “Uncategorized”. Kemudian ganti setingan default kategori posting dengan cara login ke admin blog wordpress anda, lalu klik menu Settings –> Writting Setting lalu pada pilihan Default Post Category ganti “Uncategorized” menjadi salah satu kategori yang telah kita buat. Lalu klik Save Changes. setelah itu baru kita bisa mengapus kategori “Uncategorized” dengan caranya klik menu Post –> Categories dan kemudian kita cari kategori “Uncategorized” , lalu klik Delete, dan selesai. mudah kan…

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *