Langkah-langkah Membuat Desain Web Yang Wajib Anda Lakukan

Langkah-langkah Membuat Desain Web Yang Wajib Anda Lakukan – Proses pembuatan desain untuk sebuah website dapat dilakukan setelah melakukan penentuan tema, tujuan, jenis konten, jenis database server, pengumpulan isi, dan beberapa fungsi-fungsi tambahan lainnya yang dibutuhkan sudah siap.

Sedangkan untuk menentukan desain pada website dapat diawali dari rancangan yang tersusun atas tiga bagian yaitu desain visual, desain teknologi, dan desain struktur informasi.

Dengan desain visual Anda dapat mengatur tampilan, tata letak, logo, banner, dan navigasi pada website.

Dengan desain struktur informasi Anda dapat menggolongkan sumber informasi yang akan menjadi isi konten website, sesuai dengan struktur yang sudah dipersiapkan dan menghubungkan ke beberapa link atau website lain agar pengunjung terus meningkat.

Baca Juga : Cara Memilih Niche Yang Cocok Untuk Buat Blog Baru 

Desain atau tampilan visual suatu website, dapat dipersiapkan dengan melakukan beberapa langkah berikut ;

Desain website yang banyak diminati

Anda dapat meninjau dan melihat beberapa situs yang sudah ada sesuai dengan jenis dan kategori website tersebut.

Baik website berupa toko online, sosial, bisnis, dan masih banyak lagi. Sehingga setelah melihat dan meninjau website yang sudah ada, dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk merencanakan dan memilih desain website seperti apa yang akan dibuat serta diterapkan.

Kecepatan loading dan kualitas gambar

Kecepatan loading pada suatu website, dipengaruhi oleh besar kecilnya ukuran suatu gambar pada website tersebut.

Karena gambar yang berukuran lebih besar akan membuat loading lebih lambat dari pada gambar yang memiliki ukuran kecil.

Jika kecepatan loading menjadi prioritas utama bagi Anda, maka gambar yang akan ditampilakan pada website dapat disesuaikan ukurannya agar tidak terlalu besar.

Sedangkan jika kualitas gambar menjadi prioritas utama Anda, maka pilihlah gambar dengan ukuran dan resolusi yang besar sehingga tampilannya akan menarik.

Warna tampilan

Untuk pemilihan warna tampilan pada website, dapat disesuaikan sesuai selera Anda. Akan tetapi dengan mempertimbangkan keasrian, kontras, dan terang gelapnya.

Sehingga akan terlihat menarik, pengunjungpun senang untuk membuka konten tersebut, serta rating website Anda akan meningkat.

Jenis font dan logo

Seperti warna tampilan, pemilihan font dan logo juga dapat disesuaikan dengan selera Anda tentunya sesuai kebutuhan serta pertimbangan yang matang.

Misalnya menentukan logo, Anda dapat memasukan logo perusahaan, kantor, organisasi, atau institusi pendidikan yang menjelaskan dan menggambarkan pemilik website tersebut.

Membuat storyboard dan memilih layout

Setelah tahapan sebelumnya sudah diselesaikan, Anda dapat membuat storyboarding dan layout untuk website menggunakan kertas (sketsa) atau langsung mendesain pada aplikasi desain grafis seperti GIMP, Coral Draw, atau Adobe Photoshop.

Membuat Prototype

Tahapan selanjutnya ialah membuat prototype dengan membuat tampilan pada laman utama. Karena halaman depan atau utama pada website, sangat penting dan menjadi daya tarik utama bagi pengunjung serta secara tidak langsung menggambarkan isi website secara keseluruhan.

Tahap Implementasi

Setelah Prototype website selesai, selanjutnya Anda dapat melanjutkan ke tahap Implementasi untuk membuat halaman pertama hingga terakhir.

Terdiri atas tata letak gambar, banner, animasi, link, mengatur halaman sesuai kategori, dan melakukan uji coba pada setiap halaman untuk mengurangi kesalahan.

Proses ini dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi web editor, guna menggabungkan semua halaman.

Menempatkan situs web ke server

Pada langkah terakhir, Anda tinggal tempatkan situs web ke server atau hosting. Jika sudah selesai, maka website Anda sudah online.

Baca Juga : Tahapan Dalam Persiapan Membuat Website Untuk Para Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *