Kapan Waktu Yang Ideal Menjadi Full Time Blogger?

Menjadi seorang blogger kini menjadi minat banyak orang. Pasalnya, kesuksesan sebagian orang yang berawal dari hobi menulis ini kian melejitkan nama mereka dan menjadikan mereka orang yang cukup terkenal.

Pada akhirnya, ketenaran nama mereka menjadi aji mumpung untuk mencoba pekerjaan lain seperti akting bahkan membuat film yang mereka sutradarai sendiri.

Namun, menjadi seorang blogger sepenuhnya juga bukan merupakan pekerjaan yang kesuksesannya bisa Anda raih dalam waktu cepat.

Untitled

Semua blogger yang Anda kenal saat ini pun pernah melewati fase berjuang untuk bisa mendapat posisi sekarang.

Tidak ada yang mudah dalam bekerja, sekalipun sebagai seorang blogger. Akan tetapi, apabila Anda telah membulatkan tekad untuk menjalani pekerjaan sebagai full time blogger juga bukan sebuah keputusan yang salah.

Nah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum sepenuhnya menjadi seorang full time blogger.

Pertanyaan kapan waktu ideal menjadi full time blogger pun tidak bisa dijawab semena-mena. Sebelum Anda melangkah lebih jauh dan terjebak pada titik-titik rawan ketika menjadi full time blogger, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa hal berikut.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu Anda ketahui dan persiapkan sebelum menjadi full time blogger. Ketiga hal tersebut antara lain:

1. Anda memiliki tabungan untuk biaya hidup setidaknya untuk 2 tahun

Tidak ada yang mudah dan instan untuk mencapai kesuksesan. Setiap pilihan memiliki risiko dan konsekuensinya.

Ketika Anda akan menjadi seorang full time blogger, Anda harus sadari bahwa pekerjaan tersebut tidak bisa memberikan jaminan gaji bulanan seperti yang didapat oleh para pekerja kantoran.

Menjadi full time blogger ketika Anda masih lajang mungkin terlihat masih mudah. Berbeda halnya ketika Anda memiliki pasangan dan anak-anak yang biaya hidupnya tergantung dari penghasilan Anda.

Jika Anda masih berniat menjadi full time blogger, tentunya cadangan tabungan Anda untuk hidup pun jauh lebih besar. Belum lagi tuntutan kebutuhan dan keperluan yang lain.

Apakah Anda sudah siap?

2. Jangan berhutang!

Ini merupakan tantangan yang cukup berat bagi seorang full time blogger yang sebelumnya bekerja sebagai pekerja kantoran.

Anda mungkin belum terbiasa hidup dengan penghasilan tak menentu setiap bulannya dan mungkin sempat mengajukan pinjaman kepada kantor sebelumnya.

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi full time blogger, Anda sama saja memutuskan untuk berpuasa dalam beberapa tahun sebelum akhirnya bisa hidup normal karena Anda sendiri yang memutuskan untuk mengubah pekerjaan – dan sistem penghasilan Anda.

Berhutang ketika Ana tidak memiliki pendapatan pasti yang cukup dalam waktu yang teratur sama saja dengan bunuh diri.

3. Penghasilan yang Anda dapatkan dari menjadi seorang blogger mencapai 50% dari gaji bulanan Anda.

Sudah siapkah Anda melepas posisi Anda saat ini di kantor dan beralih menjadi seorang full time blogger?

Anda sebaiknya tidak cepat-cepat menjawab ‘Saya siap!’ karena pada kenyataannya bekerja sebagai full time blogger tidak seindah buaian dari para blogger yang sudah sukses saat ini.

Putuskanlah ketika Anda mendapatkan penghasilan dari blog paling tidak setengah dari gaji bulanan Anda.

Tidak ada jawaban tepat dan pasti terhadap pertanyaan kapan waktu ideal menjadi full time blogger.

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan juga selain 3 hal penting di atas yakni kebutuhan pribadi, kebutuhan anak, kesiapan pasangan dan anak dengan kebutuhan yang didasarkan pada penghasilan yang tidak menentu, dan berbagai pertimbangan lainnya.

Sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk bekerja sebagai blogger, pikirkan matang-matang risikonya dan sejauh mana persiapan Anda untuk menghadapi kemungkinan terburuk dari pilihan Anda.

Baca Juga : Seberapa Penting Membuat Halaman Kontak di Blog Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *