CTR Iklan Adsense Anda Rendah, Berikut Hal Penting yang dapat Mempengaruhinya

Hal-hal  Yang Mempengaruhi  CTR Adsense – Bagi blogger senior tentu sudah tak asing lagi dengan istilah ini.

Namun bagi yang pemula masih menjadi suatu hal yang baru. Karena pentingnya materi ini maka biarlah kita mengulas kembali supaya kita semua memahami betul masalah ini.

Apa  yang dimaksud dengan CTR ?

Apa pentingnya yang akan kita bicarakan ini?

janin

Istilah asing ini kependekan dari Click Through Rate. Lalu apa itu maksudnya? Ialah suatu angka perbandingan antara jumlah banyaknya suatu unit iklan yang tampil dengan jumlah banyak iklan yang diklik oleh pengunjung, nilainya dinyatakan dalam persen.

Kenapa ini penting ?

Karena CTR secara umum bisa disebut alat evaluasi keberhasilan program Iklan. Maksudnya hasil angka ini merupakan ukuran  yang menunjukan efektif tidaknya prorgram adsense yang kita ikuti selama ini.

Sehinga bagi para publisher yang telah banyak menekuni adsense menjadi amat sangat penting karena menjadi tolok ukur.

Jika angkanya kecil berarti program adesense yang dilakukan  belum berhasil, sehingga perlu kita melakukan tindakan untuk meningkatkan nilai CTR.

Potensial problemnya disini adalah menentukan  standar batasan nilai angka CTR yang dianggap paling ideal dan bagaimana upayanya untuk meningkatkan Nilai CTR.

Pendekatannya kita mulai dulu dengan mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi besaran nilai CTR yang antara lain :

Nilai CTR bersifat relatif

Nilai CTR akan sangat bervariasi tergantung topik blog yang kita miliki.  Hal ini telah dibuktikan oleh para blogger pendahulu yang lebih senior melalui beberapa pengalamannya yang telah menjalankan program Adsense di beberapa blog berbeda.

Dimana dinyatakan bahwa sebuah tema khusus  atau topik suatu blog akan sangat menentukan pengaruh terhadap nilai CTR yang didapatnya.

Maksudnya, pada sebuah blog dengan tema khusus yang membahas tentang suatu produk  akan selalu  menjadi lebih dominan besar jika dibandingkan dengan blog umum dengan tema umum atau topik yang  tidak fokus  membahas  tentang kupasan masalah suatu produk.

Sehingga bisa kita jadikan pedoman bahwa relevansi suatu tampilan iklan sangat berkaitan dengan  nilai CTR.

Maksudnya, jika  blog kita menyajikan tema khusus yang membahas sport atau fokusnya membahas dunia olahraga maka jika iklan yang tampil juga tentang olah raga, misalnya produk peralatan olah raga maka akan sangat sesuai.

Tingkat kemungkinan pengunjung mengklik iklan menjadi semakin besar, karena pengunjungnya sudah lebih spesifik yaitu para penggemar olahraga.

Bisa kita garis bawahi bahwa relevansi suatu iklan ternyata sangat berpengaruh terhadap  perolehan nilai CTR.

Logikanya adalah makin relevan, akan  menjadi semakin baik.

Besarnya Nilai CTR sangat bergantung dari sumber trafiknya

Mungkin sangat penting kita perhatikan  bahwa ada pengaruh yang nyata antara sumber trafik terhadap penghasilan suatu blog.

Dari berbagai pengunjung yang berbeda, asal dan latar belakangnya tentu akan mempunyai perbedaan selera dan persepsi terhadap suatu tampilan iklan.

Unsur jeleknya pada golongan pengunjung yang sudah menjadi pelanggan lama blog kita sudah menjadi follower kita, yang setiap harinya mengikuti update blog kita.

Faktanya malah justru sudah jenuh dengan tampilan iklan yang kita sajikan di blog kita, wajar saja jika biasanya sudah tidak lagi berminat terhadap iklan yang ditayangkan diblog kita.

Bisa dikatakan pengunjung lama adalah tidak akan produktif. Dengan realita ini maka yang kita harapkan justru dari pengunjung baru yang asalnya dari mesin pencari yang biasanya lebih potensial dan produktif ketimbang pengunjung lama.

Maka yang perlu kita bangun ialah, bagaimana kita membuat sajian blog yang semenarik mungkin dan mampu menyedot sebanyak mungkin pengunjung baru.

Sehingga proses penggiringan pengunjung ini berkelanjutan dan tidak pernah berhenti, kalau tidak ingin blog kita mandul, tidak menghasilkan klik, karena pengunjung lama ternyata tidak bisa menjadi andalan efektifitas klik yang kita inginkan.

Bisa jadi, program adsense selama ini cenderung lebih efektif untuk para pengunjung baru.

Realita ini mesti menjadi tantangan google juga, untuk membuat tayangan iklan yang makin bervariatif mengikuti perkembangan selera masayarakat sehingga tidak akan membosankan pengunjung lama suatu pada blog.

Besarnya Nilai CTR juga tergantung oleh desain dan penempatan

Selain itu yang menjadi pengaruh nilai CTR iadalah  faktor layout atau penempatan suatu iklan.

Maka dari itu langkah yang perlu diperhatikan ialah saat kita melakukan optimasi yang salah bisa jadi iklan kita tidak akan pernah diklik oleh pengunjung karena tidak sesuai dan tidak menarik.

Adanya Momen istimewa atau Tematik

Kondisi masyrakat sangat menentukan besarnya CTR, Misalnya kondisi masyarakat yang sedang menikmati liburan, berupa momen penting seprti lebaran atau liburan akhir tahun ,liburan sekolah dll. Akan mpunyai pengaruh yang signifikan terhadap kenaikan nilai  CTR.

Maka  yang penting disadari ialah penyajian blog supaya lebih disukai pengunjung, lebih memberikan nilai positif.

Baca Juga : Ini Dia Pekerjaan Wajib Dilakukan Bagi Seorang Publisher Google Adsense

2 thoughts on “CTR Iklan Adsense Anda Rendah, Berikut Hal Penting yang dapat Mempengaruhinya

  1. Patrick Prasetyo

    Saya kira yang memiliki pengaruh terhadap CTR hanya penempatan maupun jumlah trafik, kenyataannya emang banyak banget yang saya pelajari dari sini. Semoga Adminnya bisa terus rajin posting biar saya bisa sering-sering kesini.

    Kalau penempatan rasanya saya harus coba baca berulang-ulang deh, soalnya saya masih ragu-ragu dalam menempatkan iklan di Blog, ya meskipun buka Google Adsense. Tapi saya coba untuk memahami dan mempraktekannya. Sekali lagi Terima Kasih.

    Reply
  2. qieray

    Setuju sama bro Patrick, memang menempatkan iklan di blog susah-susah gampang. Kalau kurang tepat dalam penempatan misalnya, (banyak kita nemuin kan iklan-iklan bertuliskan “download” yang bikin bingung waktu mau download file yang bener-bener dituju) salah-salah malah jadi bumerang buat kita sendiri. Pembaca malah jadi kesel atau nganggep blog kita gak credible. Masalah materi iklan juga penting, kalau media-media online ternama sudah punya guideline sendiri apakah iklan tersebut layak tayang di websitenya. Saya pernah bekerja di sebuah advertising agency dan ingin mengiklankan brand yang saya pegang di sebuah media online. Namun karena materi yang mereka anggap terlalu old fashioned dan tidak sesuai dengan target pembacanya, tim kami pun harus menyesuaikan setiap materi untuk masing-masing media online yang memiliki karakter berbeda.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *