Cara Mudah Setting Robot Txt Khusus Untuk Blogspot Agar Lebih SEO Friendly

Setelah anda bisa mengerti tentang cara termudah untuk melakukan setting header tag untuk blogger yang anda kelola, maka kali ini anda akan kami perkenalkan tentang cara posting untuk melakukan setting robot.txt khusus untuk blogger.

Mungkin bagi para pemula belum terbiasa menggunakan robot.txt bawaan blogger atau memang anda tidak akan pernah bisa merubah robot.txt yang sifatnya lebih SEO friendly jika tidak ada kemauan untuk mempelajarinya ?

Baca Juga : Banyak Teman Blogger Banyak Rezeki, Benarkah? Simak Artikel Berikut!

Dengan berhasil mengganti robot.txt bawaan blogger, maka anda akan dengan mudah bisa menentukan mana file yang boleh diindex oleh mesin pencari dan mana yang tidak diperbolehkan untuk diindex.

Cara setting robot.txt di blogspot sebenarnya sering diketahui oleh SEO profesional tapi masih jarang yang benar – benar mampu memahami istilah yang tepat untuk menggambarkan tentang apa itu robot. txt ? Apa fungsi dari robot.txt ?

Dan apakah anda perlu melakukan setting dan menyusun robot.txt ?

Dari rangkaian pertanyaan tersebut, kami akan berusaha untuk mencoba memberitahu tentang bagaimana cara memahami tentang fungsi dari robot.txt yang ternyata memegang peranan yang sangat penting untuk menyusun data berdasarkan setting robot.txt.

Apakah pemikiran anda sama dengan kondisi tersebut di atas ?

Di dalam blogger yang memakai sistem robot.txt lebih banyak dikenal file – file yang disusun dengan memakai custom robot.txt.

Nah pada kesempatan kami kali ini akan membahas tentang kegunaan dari robot.txt dan manfaat terbesar dari robot.txt untuk kemajuan blogger pribadi anda.

Yang perlu ditonjolkan adalah kegunaan menyeluruh terhadap robot.txt, dimana anda bisa membacanya lebih dalam melalui Moz.com.

Hal yang perlu anda perhatikan tentang robot.txt adalah gunakan dengan hati – hati. Penggunaan yang kurang profesional dari fitur ini bisa mengakibatkan blog anda terabaikan oleh mesin pencari.

Nah, apabila anda merasa kurang tahu, maka anda bisa mengikuti tutorial singkat dan praktis di bawah ini tentang cara setting robot.txt khusus blogger. Silahkan dilanjutkan membacanya.

Apa itu robot.txt ?

Robot.txt merupakan sebuah ketentuan umum bagi pengguna blog untuk mencegah dari mesin pencari yang tidak diizinkan untuk diindex oleh aplikasi atau program dalam laptop atau komputer anda.

Robot.txt berguna sebagai media untuk mengontrol dari halaman yang tidak boleh diindex dari mesin pencari dan situs media sosial seperti : Facebook, Twitter dan lain – lainnya.

Atau bagi anda yang ingin lebih jelas dan detail mengetahui tentang aplikasi ini maka bisa membaca lebih banyak melalui situs Wikipedia dalam bahasa Indonesia.

Bagaimana cara setting robot.txt di blogger ?

Masing – masing plaform blogger sudah mempunyai aplikasi robot.txt di dalamnya. Secara default, robot.txt di blogspot bisa dijelaskan cara settingnya seperti di bawah ini :

User – agent : Mediapartners – Google
Disallow :
User – agent : *
Disallow : / search
Allow : /
Sitemap : http : //bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby = UPDATED

Mari dibahas secara satu persatu dari kode tersebut di atas

1). User – agent : Mediapartners – Google : merupakan user agent milik google yang menandakan bahwa blog ini adalah partner resmi dari google.

Kode ini bisa difungsikan untuk robot google adsense yang bisa membantu mereka untuk menampilkan iklan yang sifatnya relevan di blog anda sesuai dengan niche blog yang anda kumpulkan.

2). Disallow : data atau fila dan aplikasi yang tidak diperbolehkan tidak ada.

3). User – agent : semua robot search engine / mesin pencari.

4). Disallow : / search : tidak diperbolehkan membuka folder seach dll, seperti search / label dan seterusnya tanpa tujuan yang jelas.

Hal tersebut berarti link yang anda miliki mempunyai kata kunci pencarian setelah memeriksa nama domain dan selanjutnya akan diabaikan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ditegaskan sekali lagi tentang search / label / SEO tidak akan di index.

5). Allow : / : mengizinkan semua halaman untuk dibuka, kecuali yang dilarang di atas. Tanda “/” mengacu pada homepage dan berarti robot dapat merayapi atau menangkap dan menemukan homepage blog anda.

Demikian penjelasan singkat dari kami, semoga anda bisa menangkap dan mengerti, jika kurang jelas bisa mendapat panduan yang lebih lengkap pada web site terkait !

Baca Juga : 8 Tips Sukses Dari Orang Paling Kaya Di Asia, Li Ka-Shing

One thought on “Cara Mudah Setting Robot Txt Khusus Untuk Blogspot Agar Lebih SEO Friendly

  1. Lelaki ganteng

    Salam hangat min, saya ingin bertanyak..

    jika Disallow : / search : tidak diperbolehkan membuka folder seach dll, seperti search / label dan seterusnya tanpa tujuan yang jelas.
    Berarty Berperngaruh Juga Dengan KeyWord juga tidak bisa terindex di googgle juga ya?

    maaf masi pemula mohon di bantu denagn pertnayaan saya ya min

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *