Cara Meningkatkan SEO Website Toko Online Anda

Cara Meningkatkan SEO Website Toko Online Anda – Online shop? Siapa yang tidak kenal dengan istilah online shop atau toko online.

Dengan maraknya perkembangan teknologi, semakin banyak sektor-sektor yang menggunakan internet sebagai basis dari kegiatan mereka, salah satunya adalah perdagangan.

Kalau kita mengamati, hampir semua bisnis menggunakan istilah online, mulai dari toko online, ojek online, les privat online, atau banyak bisnis lain dengan konsep online.

Pokoknya sekarang semua serba online.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan toko online?

Toko online sendiri adalah tempat yang dibuat secara virtual melalui internet, dimana penjual menjual barangnya melalui internet, dan pembeli bisa membeli melalui internet tanpa harus bertemu atau melihat barangnya secara langsung.

Baca Juga :

Lalu apakah kelebihan dan kekurangan toko online?

Kelebihan toko online:

  1. Bagi penjual, modal yang diperlukan tidak terlalu tinggi. Penjual hanya tinggal mendaftar di website online shop seperti Lazada, BliBli, Carousell, Tokopedia, dan masih banyak website lain yang menyediakan jasa toko online. Barang pun tidak harus dstock secara langsung, karena penjual bisa saja hanya menampilkan gambar dan harga. Penjual juga bisa mencari pangsa pasar yang tidak terbatas/luas, dimana pun penjual berada tanpa harus pergi secara langsung. Kita bisa menjual barang ke kota lain, negara lain, dengan lebih cepat (Tanpa harus menawarkan barang satu per satu seperti cara dagang biasa). Waktu juga lebih flexible, dan penjual tidak usah menjajakan barangnya setiap waktu, karena secara online toko online akan menampilkan barang yang dijual terus menerus selama penjual ingin berjualan. Dan untuk pembayaran bisa melalui transfer rekening bank/COD.
  2. Bagi pembeli, waktu yang diperlukan untuk membeli barang lebih cepat (tinggal klik dan cari di toko online), bisa melakukan perbandingan harga dan negosisasi (biasanya harga barang di online shop lebih murah), dan banyak pilihan barangnya.

Kelemahan toko online:

  1. Bagi penjual, promosi harus sering dilakukan. Fitur toko online juga harus menampilkan info yang lengkap, dan harus aplikatif serta menarik perhatian. Persaingan toko online juga ketat, karena hampir semua orang bisa menjual apapun secara online, dengan cepat dan harga bersaing ketat.
  2. Bagi pembeli, ada perasaan was-was kalau-kalau penjual toko online melakukan penipuan (barang tidak dikirim, barang lama dikirim, barang tidak sesuai pesanan. Karena itu perlu mencari toko online terpercaya (trusted), dan harus mencari info sedetil mungkin tentang barnag yang ingin dibeli.

Nah lalu bagaimana jika kita sebagai penjual, ingin meningkatkan penjualan?

Salah satu caranya adalah dengan promosi. Sekarang ini kita bisa berjualan langsung melalui situ-situs tokoonline (Olx, Lazada), atau membangun website sendiri.

Nah saya ingin membahas bagimana caranya memaksimalkan penjualan, agar website atau toko online kita bisa sering dikunujungi. Contohnya seperti ini.

Seseorang ingin menjual mobil. Tentu saja ada ratusan bahkan ribuan yang ingin menjual mobil juga, secara online.

Bagaimana supaya kita bisa bersaing?

Ketika ada pembeli mencari mobil dan mengetik kata “mobil”, website atau toko online kita yang keluar?

Salah satunya adanya dengan memaksimalkan SEO.

Apa itu SEO?

SEO adalah proses untuk memaksimalan keterlihatan website dari sebuah mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing.

Jadi singkatnya SEO bisa membantu kita memaksimalkan website kita agar banyak dikunjungi oleh pencari di Google. Bagaimana cara meningkatkan SEO website toko online?

  1. Optimalkan tulisan di web anda agar lebih mudah secara SEO. Ubah nama domain website kita, berikan tag untuk judul, berikan url link dari website lain, perhatikan jenis dan ukuran tulisan.
  2. Maksimalkan kata kunci. Kata kunci adalah kata yang bisa membuat pencari yang mengetik kata tersebut dialihkan ke website yang bersangkutan. Misalnya untuk website daftar harga mobil X, kita bisa mencari kata kunci seperti mobil, mobil murah, mobil berkualitas, harga mobil x, ataupun kata-kata yang bisa menjadi acuan. Kata kunci juga bisa dicari melalui situs, untuk kata-kata populer yang banyak dicari orang. Nah sertakan kata kunci tersebut di website kita.
  3. Link dari website lain yang banyak dikunjungi juga berpengaruh.

Bagaimana? Semoga cara meningkatkan SEO pada website toko online bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *