Cara Backup Konten atau File Website WordPress

Cara Backup Konten atau File Website WordPress –¬†Back up dilakukan untuk menyimpan data-data terdahulu agar tetap aman. Jika pada android atau laptop, back up dilakukan sebagai antisipasi kerusakan pada benda tersebut.

Cara Backup Konten atau File Website WordPress

Cara Backup Konten atau File Website WordPress

Lalu, bagaimana cara melakukan back up konten atau data pada website khususnya pada wordpress?

Baca Juga :

Untuk mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi di luar kendali, Anda dapat melakukan back up konten atau file dengan tiga cara yaitu secara Manual back up, Plug in, atau VPS Back up. Lalu, seperti apa lengkapnya cara melakukan back up tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Manual Backup melalui cPanel

Anda dapat melakukan cara yang pertama yaitu secara manual melalui cPanel. Hal-hal yang harus dilakukan adalah:

  • lakukan terlebih dahulu back up content folder

langkah awal yang harus dilakukan adalah login ke cPanel dengan mengklik file manager lalu klik folder public html lalu pilih folder wp content. Setelah itu, klik kanan dan pilih compress lalu pilih zip dan lakukan compress file. Tak berapa lama setelah itu akan muncul compression result lalu klik close. Setelah muncul file bernama wp. content, klik kanan lalu download.

  • setelah melakukan back up konten, lakukan back up configurasi

buka file manager di cPanel, lalu pilih .htaccess dan wp-config php. Jika Anda tidak menemukan file tersebut, klik hidden file.

  • setelah kedua langkah tersebut dilakukan, lakukan back up database wordpress

setelah semua file telah ditemukan, Anda dapat kembali ke dashboard cPanel dengan memilih back up wizard. Setelah itu, pilih dan klik button back up lalu pilih partial back up database dan klik MySQL Databases. Setelah file database muncul, lalu klik download. Setelah file terdownload secara sempurna, Anda dapat membuat folder baru di PC Anda, lalu pindahkan seluruh folder tersebut diantaranya wp content, file .htaccess, dan wp-config.php beserta file database ke dalam folder baru tersebut.

Cara pertama telah selesai!

  1. Plug in

Terdapat dua langkah dalam untuk melakukan back up konten atau file wordpress melalui Plug in Undraft Plus. Namun, pastikan Anda sudah memilih dan masuk ke dashboard wordpress, lalu pilih plugins dan add new.

  • Local storage back up

Hal yang harus dilakukan adalah masuk ke pengaturan plugin tersebut melalui Settingsdan pilih UndraftPlus Backup. Setelah itu, Anda dapat memilih tombol backup now setelah muncultiga pilihan yaitu backup now, restore, dan clone atau migrate. Setelah semua selelsai, klik download pada kotak dialog existing Backup.

  • Setelah melakukan Local storage back up, lakukan back up wordpress ke remote storage (dropbox).

Hal yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke dashboard plugin lalu klik settings. Setelah itu klik dropboxlalu pilih save. Setelah muncul notifikasi, Anda dapat memilih dan klik allow dan sudahi dengan complete setup.

  1. Backup Setting melalui VPS Backup

Bagi anda yang sudah memiliki ribuan data pada blog Anda, ada baiknya Anda memilih jalur VPS. Namun, sistem ini mengenakan sedikit biaya yang berkisar US$15.

Baca Juga :

Nah, itulah pilihan cara yang dapat dilakukan untuk melakukan back up konten atau file wordpress.  Selamat mencoba, semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *