Apakah Penggunaan Https Berpengaruh Pada Optimasi SEO Blog?

Kita akan coba kupas sejauh mana pengaruh https pada optimasi SEO  suatu blog atau website yang kita miliki selama ini.

Namun sebetulnya secara tegas google telah menegaskan bahwa sebetulnya pemakaian https ini akan punya pengaruh yang sangat sedikit, atau hanya akan memberikan peningkatan yang sangat tipis pada kenaikan page rank suatu halaman.

Hal ini sudah diumumkan lewat siaran google pada Agustus 2014 Google yang menyatakan bahwa penggunaan https akan memberikan peningkatan yang sangat tipis saja pada page range, karena ini sudah digolongkan sebagai faktor SEO minor.

joko1

Namun apakah kita cukup puas segitu? maksudnya https itu  tidak menjadi hal pokok? mari kita cari tahu selanjutnya.

Ada baiknya kita lebih memahami dulu apa sih bedanya http dan https itu sebelum kita  berpolemik mempermasalahkan.

Pengertian Http (Hypertext Transfer Protocol)

Maksud http ialah sebuah sistem jaringan yang mengirim dan menerima informasi melalui internet.

Nah http adalah berupa bentuk dari sebuah lapisan protokol yang berfokus pada bagaimana sebuah informasi ditampilkan kepada pengguna.

Hanya saja opsi ini kurang memperdulikan bagaimana caranya hingga suatu data bisa sampai ke usernya.

Sebagai fungsi protokol ini sayangnya tidak mencoba untuk mengingatkan sesi web pada sebelumnya.

Ini membuat data yang harus dikirim menjadi lebih sedikit, dan artinya anda mendapatkan sedikit keunggulan pada kecepatan transfer.

Peraran teknologi macam HTTP ini cukup bisa diandalkan jika website kita  hanya berisi informasi umum saja yang sama sekali tidak mempunyai nilai komersil.

Sehingga amat sangat tidak direkomendasikan untuk dipakai menggunakan fasilitas macam https ini.

Nah,kecuali jika anda membuat website yang mengirimkan data yang seharusnya dirahasiakan, seperti informasi kartu kredit, dsb.

Pengertian Https (Secure Hypertext Transfer Protocol)

Sedangkan HTTPS dikembangkan untuk memungkinkan transaksi khusus yang membutuhkan privacy yang tinggi, yang aman dan memerlukan otorisasi dan perlindungan mutlak.

Jadi sebenarnya informasi yang rahasia ini karena sangat memerlukan keamanan khusus demi faktor keselamatan datanya sehingga berupaya untuk mencegah akses dengan pihak luar.

Peran HTTPS sangat memungkinkan hal ini untuk dilakukan,perlindungan data dll. Menurut saya Https ini bisa juga digunakan sebagai strategi dalam Optimasi Onpage.

Baca Juga : Teknik Sederhana Dalam Optimasi SEO On Page

Kalau pada intinya HTTPS cukup mirip dengan HTTP jika dilihat peran dasarnya sebagai protokol dalam hal protokol dasarnya.

Namun dibedakan pada sisi klien dari http atau https seperti web browser mengadakan koneksi ke sebuah server pada port yang standar saja.

Namun https akan memberikan pelayanan istimewa berupa lapis keamanan sebgai tambahan karena https menggunakan SSL untuk mentransfer data sedang http tidak.

Namun begitu tujuan utama pemakaiannya, pada dasarnya https adalah berupa http juga. Sehingga hanya beda sedikit saja antara https dan http.

Boleh dibilang bentuk aman dari http adalah https.

Karena semuanya sudah direkayasa dibuat sedemikian istimewa pokoknya seperti dimulyakan anggap saja http anak biasa sedang https adalah anak emasnya.

Ya keduanya sama sama anak emak kita juga toh?

Namun dengan pertimbangan segi keamanan ada perlakuan perbedaan,secara teknisnya sehingga pada akhirnya https memakai TCP port 443 (by default) sedang hattp  tidak malah dibiarkan sengsara tetap terpisah.

Sehingga https dan http adalah merupakan dua jenis komunikasi yang sudah terpisahkan satu dengan yang lainnya mungkin sesuai takdirnya, sampai sekarang ini.

Namun demikian walaupun begitu disayangnya, jaringan untuk HTTPS ini  dalam menjalankan fungsinya tetap akan selalu bekerja sama dengan pihak luar khususnya dalam berhubungan dengan protokol lain meskipun sudah lebih safety dengan secure sockets layer atau  disingkat SSL.

Hal ini supaya dapat tranfers data dengan lebih aman.

Barangkali inilah bukti sangat dipedulikannya oleh Google sama kita, Sehingga kemunculan https ini memang ditujukan untuk lebih kepada masalah keamanan transfer data saja tidak yang lain.

Baca Juga : Kesalahan SEO Blog Yang Sering Dilakukan Oleh Seorang Blogger Pemula

One thought on “Apakah Penggunaan Https Berpengaruh Pada Optimasi SEO Blog?

  1. Key

    Sebenernya saya masih bingung tentang keamanan ssl, saya tahu bahya koneksi terenkripsi, namun teknis detailnya nggak ngerti.

    Tapi sangat terasa om sebelum pakai SSL banyak yang nyoba ngehack dengan berbagai macam cara (banyak traffic aneh2, sampai2 cpu usage stabil di 100%), tapi setelah pakai SSL selama 1 tahun visitor aneh2 itu hilang, cpu jadi stabil di belasan %.

    Lalu untuk blog saya visitor meningkat hampir 200%, padahal last post itu tahun lalu, saya share freebies gitu, jadi mungkin visitor jadi lebih percaya untuk download karena SSL, dan jadi banyak yang share di social media.

    Tapi agak menyesal, harusnya dari awal bikin situs langsung pasang SSL, saya pasang SSL setelah situs jalan 3th, jadi agak ribet untuk setting ini itu biar traffic nggak hancur gitu.

    Saya newbie om, salam kenal 🙂

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *