Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Website/Blog Yang Berkualitas

Salah satu Sarana pokok berada di dunia maya ialah kepemilikan sebuah website  atau blog.

Namun bagi para pemula sebenarnya  ini bukan menu baru untuk di ulas kembali disini.

Kita sangat percaya dengan teknologi yang ada sekarang ini dan sarana yang mendukungnya  pembuatan website bukan lagi menjadi informasi yang sangat menarik lagi untuk dikupas.

Namun kita juga menyadari apakah semua pemula sudah sedemikian ahlinya sehingga betul betul tidak memerlukan asupan ilmu baru?

Namun bagi kita yang paling penting yaitu untuk mengingat kembali siapa tahu ada yang masih kelupaan sehingga kita bisa saling melengkapi disini.

web berkualitas

Beberapa langkah ini sangat  penting  untuk kita ketahui  sebagai inti  pembuatan  website  diantaranya adalah sebagai berikut :

1). Langkah pertama, siapkan Nama Website & Topik / Fokus Website

Kenapa ini langkah ini dianggap penting?

Karena saat eksekusi yakni saat kita sudah berada didepan komputer kita sudah serba raady, bukan malah masih baru mikir apa yang akan dibuat dan masih mempertimbangkan soal nama dan untuk apa tujuan website ini serta masih bingung apa isinya.

Sehingga yang terjadi adalah pemborosan,karena rugi waktu  dsb.

Nah supaya tidak terjadi demikian, ada beberapa langkah yang harus diikuti,

  1. Buatlah rencana dasar, apa tujuan pembuatan website,
  2. Siapkan nama
  3. Siapkan data yang diperlukan
  4. Menyiapkan model tampilan dan thema yang akan dipilih.
  5. Melakukan fokus kerja supaya lebih bisa terarah sehingga akan mempermudah kita antinya dalam mengelolahnya.
  6. Melakukan evaluasi kerja, maksudnya setelah semua tahapan itu dilakukan kita harus berupaya melakukan evaluasi sejauh mana yang telah dilakukan itu bisa berjalan lancar, adakah yang masih belum tuntas, jika ada kesulitan, kita harus lebih fokus untuk mengatasinya.

Dengan langkah hati-hati dan teliti ini diharapkan hasil akan menjadi lebih berkwalitas.

Mungkin hanya sedikit para pembuat website yang melakukan langkah ini khususnya para pemula,  maka akan melahirkan karya website yang asal-asalan dan amburadul.

Mungkin tampilan bagus tapi dari segi misi, visi tujuan dan  isi konten sangat tidak mencerminkan website yang baik dan berkualitas.

Kenapa kita mesti harus  memperhatikan ini?

Karena didunia maya persaingan sebenarnya terdapat pada kwalitas website itu sendiri. Jika tampilan website kita ambudarul eh amburadul gitu.

Dipastikan tidak akan bisa membuat orang tertarik membaca, lalu jia tidak menarik berarti dapat dipastikan kunjungan juga rendah yang nantinnya hanya menjadi sampah maya yang mengotori layar monitor saja.

2). Membuat Website di Blogger atau WordPress selera anda

Selanjutnya kita harus menentukan tipe website dan dimana anda akan membuatnya.

Nah, cara yang paling mudah adalah membuat website model blogging. Pertimbangannya  website ini dirasakan lebih mudah untuk diikuti dan mudah  dibuat.

Barangkali anda sudah memahami dan cukup user friendly di dunia blogging, maka anda pun bisa mengembangkannya ke website jenis lain yang lebih ekselent.

Metode CMS atau Content Management system

Misalnya seperti wordpress, tidak hanya dapat digunakan untuk Blogging saja, dapat jug dikembangkan untuk website lain misalnya seperti company profile, juga bisa untuk personal portfolio atau juga bisa untuk photo portfolio  dll..

Untuk Saat ini, ada dua macam web yang melayani yang paling dominan yang menyediakan sarana  web blogging secara gratis.

Maksudnya kita bisa membuat web blog di website tersebut, yaitu di Blogger.com atau juga di WordPress.com.

3). Bagaimana Caranya

Berkreasi tantang pembuatan webite janganlah putus asa kini  dengan begitu banyak sarana  kemudahan sangat  membuat kita menjadi banyak kemungkinan untuk  berkarya untuk mecoba menbuat dengan berkreasi sendiri selama untuk website pribadi.

Untuk membuat website pada WordPress.com sebenarnya tidak beda jauh amat dengan proses  dengan  membuat website di web blog di Blogger.com.

Kini kemudahannya bertambah, konon WordPress.com kini telah menyediakan tampilan bahasa indonesia.

kini rasanya tak ada lagi alasan untuk tidak berkreasi. Sebatas untuk kepentingan pribadi dan diluar bisnis  kegiatan ini sangat penting dilakukan.

4). Buatlah Situs Profesional

Dengan disaigner yang terbaik dengan menggunakan tampilan dan juga domain berbayar akan membuat website anda jauh lebih profesional. Alasanya karena untuk menaikan  gengsi dan platform kita.

Bagaimanapun  tampilan website akan  bisa menentukan pamor kita. Langkah  yang profesional ini akan mencerminkan bisnis anda.

Baca Juga : Apa itu Content Marketing? Benarkan Lebih Efektif Dalam Meningkatkan Penjualan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *