5 Cara Mencari Inspirasi dalam Menulis di Blog Pribadi

Cara Mencari Inspirasi dalam Menulis – Menulis adalah hal yang tidak mudah. Karena kita harus mencari ide ide apa yang ingin ditulis di dalam sebuah karya tulisan.

Kadang kita susah untuk mencari ide untuk sebuah tulisan. Apakah Anda sekarang sedang susah mencari inspirasi untuk menulis?

Jika iya kali ini saya akan memberitahu cara mencari inspirasi untuk menulis

  1. Membaca

Jika Anda tidak mendapatkan inspirasi untuk menulis cobalah Anda membaca  buku, majalah, membaca dari internet dan lain lain.

Karena untuk menjadi penulis yang hebat yaitu banyaklah membaca bukan banyak menulis.

Karena dengan membaca kita dapat melihat karya tulisan dari orang lain dan kita akan mendapatkan inspirasi dari karya itu.

Tetapi kita tidak boleh memplagiat karya tulisan dari orang. Berarti sama saja kita tidak menghargai karya orang lain

  1. Jalan jalan

Pergilah ke tempat tempat yang belum Anda kunjungi. Disana nanti Anda akan menemukan hal hal yang baru dan orang orang yang baru.

Karena dengan orang baru dan tempat yang baru Anda dapat menemukan inspirasi untuk menulis

  1. Mendengarkan Musik

Pengaruh positif mendengarkan musik telah terbukti yaitu dapat membantu Anda untuk berkonsentrasi dan juga dapat membiarkan Anda untuk bersantai dan memikirkan hal hal yang menyenngkan.

Dengan mendengarkan musik yang Anda sukai dapat menemukan inspirasi dalam tulisan Anda. Anda juga dapat menulis sambil mwndengarkan musik

  1. Free writing

Cobalah untuk menulis selama 10 menit tanpa berhenti.

Tulislah yang terlintas di fikiran Anda. Setelah 10 menit Anda menulis cobalah lihat ide ide yang Anda tulis bisa saja Anda dapat menemukan ide dari yang Anda tulis

  1. Tidur

Jika Anda sedang tidak menemukan ide untuk menulis sebaiknya Anda tidur.

Karena dengan tidur kita dapat mengistirahatkan badan kita dan juga otak kita.

Setelah bangun tidur membuat tubuh kita lebih fresh dan akan lebih mudah untuk mencari ide untuk menulis

Itulah cara cara mencari inspirasi untuk menulis. Semoga Anda dapat melakukannya dari 5 cara dari yang saya jelaskan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya..

Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat Artikel Berkualitas yang Disukai oleh Mesin Pencari?

9 thoughts on “5 Cara Mencari Inspirasi dalam Menulis di Blog Pribadi

  1. sinta leadership

    ouh gitu yah mas…jika sudah melakukan semuanya itu namun tidak mnemukan apa2??gmna mas..???sebenarnya saya lbih suka berbicara di depan dari pada menulis…tapi hati dan sekitar saya menginginkan saya menulis…..tapi koq blum bisa gitu…

    Reply
    1. Mas Joko Post author

      kalau sudah Melakukan hal tersebut pasti saya yakin menemukan ide.. kalau tidak menemukan saya yakin mereka yang melakukan hal tersebut bukan orang-orang yang ingin berfikir.. dan yang tidak maju..

      Reply
    2. qieray

      Sebenernya nulis itu sama halnya kayak gambar, nyanyi, dan lain-lain.. Kalau gak banyak latihan ya gak akan terbiasa. Aku juga masih newbie banget say, tapi kepengen dan selalu coba buat nulis. Kadang-kadang malah dapet inspirasinya ya pas nulis, jadi efeknya sering ganti-ganti tema, cerita jadi panjang lebar, gaya bahasa jadi gak stabil. Tapi ya ga masalah, namanya juga latihan. Gak ada ruginya kan? Hehehe..
      Saya juga sering berimajinasi dari kehidupan sehari-hari. Kadang menulis itu jadi kayak versi hidup kita yang kita gak berani atau gak punya kesempatan untuk jalanin di kehidupan nyata. Jadi ceritanya setengah kisah nyata, setengah ngarep. hahaha

      Reply
  2. Irfan Andriarto

    Setuju banget mas sama poin terakhir 😀
    Sering banget tidur menjadi satu-satunya solusi saat lagi krisis inspirasi. Bangun tidur bisa lebih fresh dan tak jarang muncul ide-ide menarik setelah bangun tidur hehe 😀

    Reply
    1. Mas Joko Post author

      Tidur adalah salah satu kegiatan yang bisa mengembalikan keenceran otak kita,,

      Reply
  3. anuryas76

    Salah satu cara yang bisa di coba lagi untuk dapat ide menulis menurut saya bisa dengan menonton. Bisa itu tv atau film. Karena dengan menonton akan membuat kita menjadi komentator nya. Sehingga dari komen2 tersebut bisa muncul ide2 kreatif. Bahkan dari komen2 kita saja malahan sudah bisa di buatkan artikel yang menarik…
    Selain itu menonton juga bisa menjadi alternatif istirahat ketika ide2 menulis belum di dapat..

    Reply
    1. Mas Joko Post author

      Iya setuju sekali, caranya memang banyak untuk mencari sebuah ide..

      Reply
  4. fleble

    iya mas bener banget nie, menurut sy ada yg ke enam mas, waktu mandi ide sering muncul juga tu 😀

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *