3 Trik Sederhana Untuk Mengoptimalkan Hasil Pencarian Dengan Google

3 Trik Sederhana Untuk Mengoptimalkan Hasil Pencarian Dengan Google – Mencari informasi tentang seputar anda bekerja atau sekolah dan kuliah di zaman modern ini memang mudah dilakukan dimana anda tinggal menggunakan smartphone atau perangkat teknologi lainnya untuk mencari atau membuka google di komputer.

Mesin pencarian terlengkap di dunia ini yang diciptakan oleh perusahaan teknologi raksasa di AS tersebut memang memberikan banyak manfaat untuk mempermudah aktivitas anda bekerja di kantor atau buat keperluan anda di sekolah atau kampus untuk belajar.

pro

Walaupun melakukan pencarian di google sangat mudah dilakukan dan hanya tinggal mengetikkan kata kunci utama saja, tidak jarang anda malah banyak membutuhkan waktu untuk memperoleh hasil pencarian data sesuai dengan keinginan.

Baca Juga : Cara Mendaftar Ke Google Analytics Dan Memasang Kode Di Blogger

Kalau hal tersebut di atas sering terjadi pada rekan-rekan di kantor yang sangat tergantung pada internet, berarti sudah saatnya anda untuk mempelajari 3 trik tersebut di bawah ini dalam upaya mengoptimalkan hasil pencarian data atau informasi melalui google sebagai berikut :

1). Shortcut untuk menemukan indeks halaman website

Apakah anda pernah merasa bingung harus memakai kata kunci apa untuk menemukan seluruh indeks website yang anda maksudkan.

Sebab, melakukan pencarian dengan kata kunci yang kurang tepat akan membuat hasil pencarian yang sedang anda lakukan dengan google menjadi kurang akurat.

Jika anda ingin menemukan semua indeks pada suatu website melalui internet, maka anda bisa mengetikkan nama website tersebut pada kolom pencarian google.

Contoh : ketikkan kata-kata berikut ini ” site:jokowarino.com ” (tanpa tanda peti ).

Maka selanjutnya google akan menampilkan semua indeks dari halaman website yang anda maksudkan.

Karena semua pencarian data / informasi yang dihasilkan pada halaman – halaman pertama pastilah berisi informasi tentang website yang anda jadikan sebagai kata kunci.

Namun jika anda hanya ingin mencari informasi spesifik saja yang ada di dalam website tersebut.

Contohnya adalah hanya ingin mencari artikel di Jokowarino.com yang erat kaitannya dengan bisnis online maka anda tinggal menambahkan kata ” bisnis online ” pada bagian belakangnya, sehingga menjadi ” site : Jokowarino.com Bisnis Online ”.

2). Gunakan Daftar Pencarian Terkait Untuk Menemukan Ide Frase Baru

Hal apa sajakah yang biasanya bisa anda lakukan ketika akan menggunakan kata kunci pencarian yang keliru terutama untuk menghapus frase tersebut agar anda bisa kembali mencari dengan frase baru lainnya.

Padahal jika anda menyadari, ada salah satu fitur dari mesin pencarian google yang bisa memberikan saran kata kunci yang erat hubungannya dengan kata kunci yang anda tuliskan.

Di samping itu, di bagian bawah hasil pencarian akan muncul beberapa saran kata kunci yang terkait satu dengan yang lainnnya yang bisa anda pilih.

Namun masih banyak dari anda yang tidak mengerti bagaimana cara memanfaatkan daftar pencarian terkait yang ada pada bagian bawah halaman google tersebut.

3). Mencari Dokumen Dengan Format Tertentu Di Google

Saat anda akan membutuhkan referensi untuk membuat suatu karya tulis atau laporan, pada umumnya anda akan membutuhkan jurnal atau laporan ilmiah dengan cara format PDF atau format dokumen lainnya.

Agar bisa memperoleh hasil pencarian dokumen dengan memakai format tertentu, maka anda bisa menambahkan kata kunci : jenis dokumen pada pencarian.

Contohnya adalah : analisis kontrol kualitas.pdf.

Selanjutnya google akan menghasilkan pencarian berupa dokumen-dokumen berformat PDF dengan kata kunci : analisis kontrol kualitas yang sudah anda gunakan.

Hal ini juga dapat digunakan untuk beberapa format file lain seperti .doc untuk file microsoft word atau .jpg, .png atau .gif untuk file gambar.

Segala aktivitas mobile dan pencarian informasi yang anda butuhkan akan terasa lebih mudah dilakukan jika anda mahir melakukan pencarian melalui google, bukan ?

Maka dari itu ikuti tiga trik sederhana tersebut di atas agar usaha anda dalam mencari data melalui google bisa berjalan dengan optimal.

Baca Juga : Ingin Punya Blog Dengan Alexa Yang Rendah, Berikut Beberapa Tips Merampingkan Alaxa Rank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *